PSI: Anies Baswedan Jadikan Banjir Panggung Politik

Partai Solidaritas Indonesia mengatakan Gubernur Anies Baswedan menjadikan banjir Jakarta sebagai panggung politik. Anggota DPRD dari Fraksi PSI, Justin Adrian Untayana, mempermasalahkan pernyataan Anies yang mengatakan fokus kepada penanganan korban banjir.

Ia juga menyayangkan omongan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, yang meminta warga menikmati banjir Jakarta. Mereka memandang dua pernyataan itu sebagai panggung politik untuk menaikkan elektabilitas.

“Pernyataan Pak Sekda itu menyakitkan hati rakyat Jakarta yang terkena banjir. Kalau Pak Anies mungkin memang menikmati banjir, sehingga beliau punya kesempatan untuk datang ke lokasi lalu menyapa warga terdampak sambil foto-foto,” ucap Justin dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Februari 2020.

Justin berpendapat, selama 2,5 tahun menjabat, Anies sama sekali tak pernah membicarakan langkah untuk mengatasi banjir Jakarta. Ia mengatakan Anies hanya bereaksi setelah banjir terjadi.

“Itu pun cuma berupa aksi panggung. Sepertinya itu memang strategi beliau sesuai dengan survei baru-baru ini,” kata dia.

Justin mengutip hasil survei Indo Barometer periode 9-15 Januari 2020. Dalam survei itu, dikatakan kalau sebanyak 27,5 persen masyarakat memilih Anies Baswedan karena berjiwa sosial.

Ia menuding atas alasan itu Anies tak pernah membahas langkah atau program nyata secara terbuka terkait antisipasi banjir.

“Sepertinya beliau lebih suka dikenal sebagai gubernur yang berjiwa sosial dibandingkan gubernur yang mampu bekerja mengatasi banjir,” tutur dia.

Menurut Justin, selama periode 2018-2020, Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) tak bisa menjalankan normalisasi sungai karena pembebasan lahan mandek.

Ia mengatakan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 Pemprov DKI sudah menganggarkan Rp 2,5 triliun untuk pengendalian banjir.

Justin menyebut yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah kerja nyata Anies dalam menanggulangi banjir sebelum bencana itu terjadi. “Bukan setelah kejadian baru muncul seperti pahlawan dan bikin panggung selebrasi pemberian bantuan,” ucap Justin.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan saat ini Pemprov DKI tengah fokus bersiaga menghadapi musim hujan yang diprediksi masih berlanjut. Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, tak ada gubernur di Jakarta yang tak mengalami banjir. {tempo}