Ini 5 Hal Menarik Dari Kemenangan Chelsea Atas Liverpool di Piala FA

Chelsea meraih kemenangan dalam babak kelima Piala FA 2019/20. Menjamu Liverpool di Stamford Bridge, Rabu (4/3/2020) dini hari WIB, mereka menang dengan skor 2-0.
Willian dan Ross Barkley jadi pencetak gol kemenangan Chelsea di laga ini. Kemenangan ini jadi sebuah hal positif bagi Chelsea, mengingat pada pekan 28 Premier League 2019/20 kemarin, mereka ditahan imbang Bournemouth.
Sementara itu, kekalahan ini menambah luka bagi Liverpool usai mereka ditundukkan Watford 0-3 di Premier League. Hasil ini juga menjadi pertanda bahwa ada yang mesti dibenahi dari skuat Liverpool.
Dari kemenangan Chelsea atas Liverpool ini, ada beberapa hal yang menarik untuk ditelisik. Berikut redaksi merangkumnya untuk Anda.
Empat Laga Terakhir, Liverpool Kalah Tiga Kali
Liverpool pernah lama tidak tersentuh kekalahan, terutama di ajang Premier League 2019/20. Namun, dalam empat laga terakhir di semua ajang, mereka justru jadi dekat dengan kekalahan.
Tercatat, di empat laga terakhir, Liverpool kalah sebanyak tiga kali. Uniknya lagi, tiga kekalahan ini mereka dapat di tiga ajang berbeda, yakni di Liga Champions (lawan Atletico Madrid), Premier League (Watford), dan Piala FA (Chelsea).
Tampaknya, ada sesuatu yang salah di Liverpool sekarang ini.
Billy Gilmour, Permata Baru di Lini Tengah Chelsea
Ada satu pemain muda Chelsea yang mencuri perhatian di laga ini. Ia adalah Billy Gilmour. Berdampingan dengan Mateo Kovacic dan Ross Barkley di tengah, Gilmour mampu tampil mumpuni.
Per Squawka, Gilmour menorehkan 5 kali tekel, 2 kali sapuan, 2 kali sukses melewati lawan, serta menorehkan persentase umpan sukses sebesar 37%. Ia jadi metronom lini tengah Chelsea di laga ini, terlepas dari usianya yang masih 18 tahun.
Akankah Chelsea Juara Piala FA?
Ramalan positif menyeruak berkat kemenangan Chelsea atas Liverpool di Piala FA ini. Mereka diprediksi akan keluar sebagai juara dalam kompetisi sepak bola tertua di Inggris itu. Apa pasal?
Pada 1997 dan 2012, Chelsea sukses menggamit trofi Piala FA. Saat itu. Chelsea mampu mengalahkan Liverpool, yakni di babak keempat (1997) dan di babak final (2012). Akankah itu terulang tahun ini?
Kepa Arrizabalaga yang Perlahan Bangkit
Kepa Arrizabalaga kerap dianggap sebagai pesakitan di bawah mistar gawang Chelsea. Namun, di laga lawan Liverpool ini, ia jadi salah satu pemain yang tampil apik berkat torehan 5 penyelamatannya.
Torehan penyelamatannya ini jadi yang terbanyak bagi Chelsea di musim 2019/20. Sebelumnya, baik itu di ajang Liga Champions maupun Premier League, paling banter Arrizabalaga hanya mampu mencetak 4 penyelamatan.
Apakah ini tanda bahwa Arrizabalaga mulai bangkit? Semoga saja.
Gawang Liverpool yang Mulai Rentan Kebobolan
Gawang Liverpool, lazimnya, sulit dibobol lawan. Selain memiliki penjaga gawang apik sekaliber Alisson Becker, mereka juga memiliki lini pertahanan ciamik yang digalang Virgil van Dijk.
Namun, dalam tiga laga terakhir, gawang Liverpool justru kerap kebobolan dua gol atau lebih. Saat menang lawan West Ham, mereka kebobolan dua gol. Saat takluk dari Watford, tiga kali bola bersarang di gawang mereka.
Kini, melawan Chelsea, gawang Liverpool kebobolan dua gol lagi. Ini jadi kali pertama Liverpool kebobolan dua gol atau lebih selama tiga laga beruntun, setelah terakhir kali mereka mengalaminya pada 2016 silam. {kumparan}