News  

Corona di Mata Noah Harari

Banyak orang menyalahkan epidemi virus korona pada globalisasi, dan mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah lebih banyak wabah seperti itu adalah dengan men-deglobalisasi dunia. Bangun tembok, batasi perjalanan, kurangi perdagangan.

Namun, sementara karantina jangka pendek sangat penting untuk menghentikan epidemi, isolasi jangka panjang akan menyebabkan keruntuhan ekonomi tanpa menawarkan perlindungan nyata terhadap penyakit menular.

Justru sebaliknya. Penangkal sesungguhnya dari epidemi bukanlah pemisahan, melainkan kerja sama.

Epidemi membunuh jutaan orang jauh sebelum era globalisasi saat ini. Pada abad ke-14 tidak ada pesawat terbang dan kapal pesiar, namun Kematian Hitam (Black Death) menyebar dari Asia Timur ke Eropa Barat dalam hanya satu dekade lebih. Ini menewaskan antara 75 juta hingga 200 juta orang – lebih dari seperempat populasi Eurasia. Di Inggris, empat dari sepuluh orang meninggal. Kota Florence kehilangan 50.000 dari 100.000 penduduknya.

Pada Maret 1520, pembawa cacar tunggal – Francisco de Eguía – mendarat di Meksiko. Ketika itu, Amerika Tengah tidak memiliki kereta, bus, atau bahkan keledai. Namun pada Desember, epidemi cacar menghancurkan seluruh Amerika Tengah menurut beberapa perkiraan, membunuh hingga sepertiga dari populasinya.

Pada 1918, jenis flu yang sangat ganas berhasil menyebar dalam beberapa bulan ke penjuru dunia. Ini menginfeksi setengah miliar orang – atau lebih dari seperempat spesies manusia. Diperkirakan flu itu menewaskan 5% populasi India. Di pulau Tahiti 14% meninggal. Di Samoa 20%.

Secara keseluruhan pandemi menewaskan puluhan juta orang – dan mungkin hingga 100 juta – dalam waktu kurang dari setahun. Lebih besar dari total jumlah manusia yang terbunuh oleh Perang Dunia I yang brutal, yang berlangsung selama empat tahun.

Di abad silam sejak 1918, umat manusia menjadi semakin rentan terhadap epidemi, karena kombinasi populasi yang tumbuh dan transportasi yang lebih baik. Sebuah kota metropolitan modern seperti Tokyo atau Mexico City menawarkan patogen tempat perburuan yang jauh lebih kaya daripada Florence abad pertengahan, dan jaringan transportasi global saat ini jauh lebih cepat daripada pada tahun 1918. Virus dapat melakukan perjalanan dari Paris ke Tokyo dan Mexico City dalam waktu kurang dari 24 jam. Dengan demikian, kita seharusnya sudah bisa memprediksi bahwa kita hidup di dalam sebuah neraka yang penuh infeksi, dengan wabah mematikan yang datang satu demi satu.

Namun demikian, baik insiden maupun dampak epidemi telah turun secara dramatis. Bahkan untuk wabah mengerikan seperti AIDS dan Ebola, pada abad ke-21 epidemi membunuh proporsi manusia yang jauh lebih kecil daripada di masa sebelumnya sejak Zaman Batu. Ini karena pertahanan terbaik manusia terhadap patogen bukanlah isolasi – namun adalah informasi. Kemanusiaan telah memenangkan perang melawan epidemi karena dalam perlombaan senjata antara patogen dan dokter, patogen mengandalkan mutasi buta sementara dokter mengandalkan analisis informasi ilmiah.

Ketika Kematian Hitam (Black Death) melanda pada abad ke-14, orang tidak tahu apa yang menyebabkannya dan apa yang bisa dilakukan untuk itu. Sampai era modern, manusia biasanya menyalahkan penyakit pada dewa yang marah, setan jahat atau udara buruk, dan bahkan tidak mencurigai adanya bakteri dan virus. Orang-orang percaya pada malaikat dan peri, tetapi mereka tidak bisa membayangkan bahwa setetes air mungkin berisi sepasukan armada pemangsa yang mematikan.

Karena itu ketika Black Death atau cacar datang berkunjung, hal terbaik yang dapat dipikirkan oleh pihak berwenang adalah mengorganisir doa-doa massal untuk berbagai dewa dan orang suci. Itu tidak membantu. Justru, ketika orang-orang berkumpul bersama untuk sembahyang massal, itu sering menyebabkan infeksi massal.

Selama abad terakhir, para ilmuwan, dokter, dan perawat di seluruh dunia mengumpulkan informasi dan bersama-sama berhasil memahami mekanisme di balik epidemi dan cara melawannya. Teori evolusi menjelaskan mengapa dan bagaimana penyakit baru meletus dan penyakit lama menjadi lebih ganas. Genetika memungkinkan para ilmuwan memata-matai instruksi manual patogen itu sendiri.

Sementara orang abad pertengahan tidak pernah menemukan apa yang menyebabkan Kematian Hitam, hanya butuh waktu dua minggu bagi para ilmuwan untuk mengidentifikasi virus corona baru, mengurutkan genomnya dan mengembangkan tes yang dapat diandalkan untuk mengidentifikasi orang yang terinfeksi.

Begitu para ilmuwan memahami apa yang menyebabkan epidemi, menjadi lebih mudah untuk melawannya. Vaksinasi, antibiotik, peningkatan kebersihan, dan infrastruktur medis yang jauh lebih baik telah memungkinkan umat manusia untuk unggul dari predator yang tidak terlihat. Pada tahun 1967, cacar masih menginfeksi 15 juta orang dan membunuh 2 juta dari mereka.

Tetapi pada dekade berikutnya, kampanye global vaksinasi cacar sangat berhasil, sehingga pada tahun 1979 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa manusia telah menang, dan cacar telah sepenuhnya diberantas. Pada tahun 2019 tidak ada satu orang pun yang terinfeksi atau dibunuh oleh cacar.

Jaga Perbatasan Kami
Apa yang diajarkan sejarah ini kepada kita untuk epidemi Coronavirus saat ini? Pertama, ini menyiratkan bahwa Anda tidak dapat melindungi diri sendiri dengan menutup perbatasan secara permanen. Ingatlah bahwa epidemi menyebar dengan cepat bahkan di Abad Pertengahan, jauh sebelum zaman globalisasi. Jadi, bahkan jika Anda mengurangi koneksi global Anda ke level Inggris pada 1348 – itu masih belum cukup. Untuk benar-benar melindungi diri Anda melalui isolasi, pergi (kembali) menuju abad pertengahan tidak akan berguna. Anda harus pergi ke Zaman Batu. Bisakah Anda melakukan itu?

Kedua, sejarah menunjukkan bahwa perlindungan nyata berasal dari berbagi informasi ilmiah yang dapat diandalkan, dan dari solidaritas global. Ketika satu negara dilanda epidemi, ia harus bersedia untuk secara jujur berbagi informasi tentang wabah tanpa takut akan bencana ekonomi – sementara negara-negara lain harus dapat mempercayai informasi itu, dan harus bersedia untuk memberikan bantuan daripada mengucilkan korban. Saat ini, Tiongkok dapat mengajarkan banyak pelajaran penting tentang coronavirus ke negara-negara di seluruh dunia, tetapi ini menuntut tingkat kepercayaan dan kerja sama internasional yang tinggi.

Kerjasama internasional diperlukan juga untuk langkah-langkah karantina yang efektif. Karantina dan penguncian sangat penting untuk menghentikan penyebaran epidemi. Tetapi ketika negara-negara saling tidak percaya dan masing-masing negara merasa sendirian, pemerintah ragu untuk mengambil langkah drastis tersebut.

Jika Anda menemukan 100 kasus virus corona di negara Anda, apakah Anda akan segera mengunci seluruh kota dan wilayah? Sebagian besar, itu tergantung pada apa yang Anda harapkan dari negara lain. Mengunci kota Anda sendiri dapat menyebabkan keruntuhan ekonomi. Jika Anda berpikir bahwa negara-negara lain akan membantu Anda – Anda akan lebih cenderung untuk mengambil tindakan drastis ini. Tetapi jika Anda berpikir bahwa negara-negara lain akan meninggalkan Anda, Anda mungkin akan ragu sampai semuanya terlambat.

Mungkin hal terpenting yang harus disadari orang tentang epidemi semacam itu, adalah bahwa penyebaran epidemi di negara mana pun membahayakan seluruh spesies manusia. Ini karena virus berevolusi. Virus seperti korona berasal dari hewan, seperti kelelawar. Ketika mereka melompat ke manusia, awalnya virus tidak beradaptasi dengan host manusia mereka. Saat bereplikasi di dalam manusia, virus sesekali mengalami mutasi. Kebanyakan mutasi tidak berbahaya. Tetapi perlahan mutasi membuat virus lebih menular atau lebih tahan terhadap sistem kekebalan manusia – dan jenis virus mutan ini kemudian akan dengan cepat menyebar dalam populasi manusia.

Karena satu orang dapat menampung triliunan partikel virus yang mengalami replikasi terus-menerus, setiap orang yang terinfeksi memberi virus triliyunan peluang baru untuk menjadi lebih beradaptasi dengan manusia. Setiap manusia pembawa (pengidap virus) ibarat mesin judi yang memberikan virus triliunan tiket lotre – dan virus hanya perlu menarik satu tiket yang menang agar dapat berkembang.

Ini bukan spekulasi belaka. Krisis Richard Preston di Zona Merah menggambarkan rantai peristiwa yang persis seperti itu dalam wabah Ebola 2014. Wabah dimulai ketika beberapa virus Ebola melompat dari kelelawar ke manusia. Virus-virus ini membuat orang sangat sakit, tetapi mereka masih beradaptasi untuk hidup di dalam kelelawar lebih dari pada tubuh manusia.

Apa yang mengubah Ebola dari penyakit yang relatif jarang menjadi epidemi yang mengamuk adalah mutasi tunggal pada gen tunggal dalam satu virus Ebola yang menginfeksi satu manusia, di suatu tempat di daerah Makona di Afrika Barat. Mutasi ini memungkinkan galur Ebola mutan – yang disebut galur Makona – untuk terhubung ke transporter kolesterol sel manusia. Sekarang, alih-alih kolesterol, transporter menarik Ebola ke dalam sel. Jenis Makona baru ini empat kali lebih menular ke manusia.

Ketika Anda membaca baris-baris ini, mungkin mutasi serupa terjadi pada gen tunggal dalam coronavirus yang menginfeksi seseorang di Teheran, Milan atau Wuhan. Jika ini benar-benar terjadi, ini adalah ancaman langsung tidak hanya untuk Iran, Italia atau Cina, tetapi juga bagi hidup Anda. Orang-orang di seluruh dunia berjuang mati-matian untuk tidak memberi kesempatan itu pada virus corona. Dan itu berarti bahwa kita perlu melindungi setiap orang di setiap negara.

Pada 1970-an manusia berhasil mengalahkan virus cacar karena semua orang di semua negara divaksinasi cacar. Jika bahkan satu negara gagal memvaksinasi populasinya, ia dapat membahayakan seluruh umat manusia, karena selama virus cacar ada dan berevolusi di suatu tempat, ia dapat selalu menyebar lagi di mana-mana.

Dalam perang melawan virus, manusia perlu menjaga perbatasan dengan cermat. Tapi bukan perbatasan antar negara. Sebaliknya, ia perlu menjaga perbatasan antara dunia manusia dan lingkungan virus. Planet bumi bekerja sama dengan virus yang tak terhitung jumlahnya, dan virus baru terus berkembang karena mutasi genetik. Batas yang memisahkan ruang virus ini dari dunia manusia melintas di dalam tubuh setiap manusia. Jika virus berbahaya berhasil menembus perbatasan ini di mana pun di bumi, itu akan membahayakan seluruh spesies manusia.

Selama abad terakhir, umat manusia telah membentengi perbatasan ini tidak seperti sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan modern telah dibangun untuk berfungsi sebagai tembok di perbatasan itu, dan perawat, dokter, dan ilmuwan adalah penjaga yang berpatroli dan mengusir penyusup.

Namun, bagian-bagian yang panjang dari perbatasan ini dibiarkan begitu saja. Ada ratusan juta orang di seluruh dunia yang bahkan tidak memiliki layanan kesehatan dasar. Ini membahayakan kita semua. Kita sudah terbiasa memikirkan kesehatan secara nasional, tetapi menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik untuk Iran dan Cina juga berarti melindungi warga Israel dan Amerika dari wabah. Kebenaran sederhana ini harus jelas bagi semua orang, tetapi sayangnya itu gagal dipahami bahkan oleh beberapa orang paling penting di dunia.

Dunia Tanpa Pemimpin
Saat ini manusia menghadapi krisis akut tidak hanya karena coronavirus, tetapi juga karena kurangnya kepercayaan di antara manusia. Untuk mengalahkan epidemi, orang perlu mempercayai para ilmuwan, warga negara perlu mempercayai otoritas publik, dan negara-negara harus saling percaya.

Sayangnya selama beberapa tahun terakhir, para politisi yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja merusak kepercayaan pada sains, otoritas publik, dan kepada kerja sama internasional. Sebagai akibatnya, kita sekarang menghadapi krisis tanpa pemimpin global yang dapat menginspirasi, mengatur, dan membiayai respons global yang terkoordinasi.

Selama epidemi Ebola 2014, AS berperan sebagai pemimpin seperti itu. AS memenuhi peran serupa juga selama krisis keuangan 2008, ketika negara itu mendukung negara-negara yang cukup untuk mencegah krisis ekonomi global. Namun dalam beberapa tahun terakhir AS telah mengundurkan diri dari perannya sebagai pemimpin global.

Pemerintahan AS saat ini telah memotong dukungan untuk organisasi internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan telah membuatnya sangat jelas bagi dunia bahwa AS tidak lagi memiliki teman sejati – ia hanya memiliki kepentingan.

Ketika krisis coronavirus meletus, AS tetap di sela-sela, dan sejauh ini menahan diri untuk tidak mengambil peran utama. Bahkan jika pada akhirnya mencoba untuk mengambil alih kepemimpinan, kepercayaan pada pemerintahan A.S. saat ini telah terkikis sedemikian rupa, sehingga hanya sedikit negara yang mau mengikutinya. Apakah Anda akan mengikuti pemimpin yang moto-nya adalah “Aku Dahulu”?

Saat Presiden Jokowi mengumumkan dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia.
Kekosongan yang ditinggalkan oleh A.S. belum diisi oleh orang lain. Justru sebaliknya. Xenophobia, isolasionisme, dan ketidakpercayaan kini menjadi ciri sebagian besar sistem internasional.

Tanpa kepercayaan dan solidaritas global kita tidak akan bisa menghentikan epidemi coronavirus, dan kita cenderung melihat lebih banyak epidemi seperti itu di masa depan. Tetapi setiap krisis juga merupakan peluang. Semoga epidemi saat ini akan membantu umat manusia menyadari bahaya akut yang ditimbulkan oleh perpecahan global.

Untuk mengambil satu contoh yang menonjol, epidemi bisa menjadi peluang emas bagi EU. untuk mendapatkan kembali dukungan rakyat yang telah hilang dalam beberapa tahun terakhir. Jika anggota E.U. yang lebih beruntung dengan cepat dan murah hati mengirim uang, peralatan, dan tenaga medis untuk membantu rekan-rekan mereka yang paling terpukul, ini akan membuktikan nilai ideal Eropa lebih baik daripada jumlah pidato. Di lain pihak, jika masing-masing negara dibiarkan berjuang sendiri, maka epidemi itu mungkin akan menjadi lonceng kematian serikat pekerja.

Di saat krisis ini, perjuangan krusial terjadi di dalam kemanusiaan itu sendiri. Jika epidemi ini menghasilkan perpecahan yang lebih besar dan ketidakpercayaan di antara manusia, itu akan menjadi kemenangan virus terbesar. Ketika manusia bertengkar – virus berlipat ganda. Sebaliknya, jika epidemi menghasilkan kerja sama global yang lebih dekat, itu akan menjadi kemenangan tidak hanya terhadap virus corona, tetapi juga terhadap semua patogen di masa depan.

Sumber Translasi [syafiqb], Sumber Asli [time]