News  

150 Anggota Kerajaan Arab Saudi Positif Corona, Raja Salman Isolasi Diri di Jeddah

Sebuah kabar mengejutkan datang dari Kerajaan Arab Saudi. Sebanyak 150 anggota kerajaan dilaporkan telah positif terinfeksi virus corona baru.

Saat ini, para anggota kerajaan tengah diisolasi di rumah sakit elit Arab Saudi, Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal.

Sementara itu, Raja Salman juga menjalani karantina mandiri di sebuah tempat di dekat Jeddah. Sedangkan, anaknya, Putra Mahkota Mohammad bin Salman dan para menterinya dikarantina di sebuah tempat di dekat Laut Merah.

Dilaporkan New York Post, anggota kerajaan yang telah positif Covid-19 di antaranya adalah Pangeran faisal bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud yang merupakan Gubernur Riyadh.

Saat ini, Pangeran Faisal yang merupakan keponakan dari Raja Salman yang berusia 70n tahun tengah menjalani perawatan intensif.

Menurut keterangan dari rumah sakit dalam memo internal yang dikirim pada Selasa (7/4), saat ini kondisi rumah sakit dalam “siaga tertinggi”. Di mana rumah sakit menyiapkan 500 tempat tidur untuk kemungkinan adanya pasien VIP.

Dalam memo tersebut, tidak diketahui berapa jumlah anggota kerajaan yang telah dirawat di rumah sakit. Namun, hanya pasien kronis yang dibawa ke sana.

Dikatakan oleh seorang profesor dari Universitas Rice, Kristian Coates Ulrichsen, penyebaran virus corona ke kerajaan sendiri telah menimbulkan persoalan serius bagi Riyadh.

“Jika mencapai ke dalam keluarga, maka itu menjadi masalah mendesak,” kata Ulrichsen.

Saat ini, data dari Universitas Johns Hopkins pada Jumat (10/4) menunjukkan, Arab Saudi memiliki jumlah infeksi sebanyak 3.287 kasus dengan 44 orang meninggal dunia dan 666 orang dinyatakan telah pulih. {rmol}