Bagaimana Hukumnya Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan disebut bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Maka dari itu, selain menahan lapar dan haus, setiap umat muslim di seluruh dunia yang berpuasa juga harus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, salah satunya dengan beribadah.
Tak hanya itu, bagi pasangan suami istri juga dituntut untuk bisa menahan hawa nafsu dalam hal berhubungan seks. Ya Moms, Anda dan suami harus mematuhi syarat-syarat yang berlaku dalam Islam.
Selama puasa, pasangan suami istri dilarang berhubungan seks setelah Imsak hingga sebelum azan magrib. Tapi, bukan berarti bulan Ramadhan menjadi halangan bagi Anda dan suami untuk memadu cinta ya, Moms.
Anda tetap boleh berhubungan seks, asal mengikuti ketentuan yang berlaku dalam Islam. Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., M.Hum., atau yang akrab disapa Ustazah Nisa mengatakan bahwa berhubungan seks dengan suami dapat dilakukan setelah berbuka puasa.
“(Berhubungan intim dengan suami) boleh dilakukan setelah berbuka puasa hingga sebelum imsak. Atau di malam hari baru boleh. Kalau di luar itu, maka hukumnya haram,” ucap Ustazah Nisa belum lama ini.
Hal tersebut juga tersirat dalam Al-Quran surat Al-Bakarah ayat 187 seperti berikut.
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
Artinya: ” Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.
Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.
Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.
Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya.
Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertaqwa.” (QS.2:187)
Adapun waktu yang ideal untuk melakukan berhubungan seks adalah setelah melakukan salat tarawih, yaitu antara pukul 9-10 malam. Selain itu, Anda dan suami juga harus menerapkan pola hidup sehat selama puasa agar stamina tetap terjaga dengan baik.
Ya Moms, bulan Ramadhan seharusnya juga bisa jadi momen untuk meningkatkan kualitas hubungan rumah tangga Anda dengan suami.
“Seks di bulan Ramadhan bisa menjaga keharmonisan dan kebahagiaan yang bisa dipertahankan,” ujarnya.
Tapi, Anda dan suami harus ingat, bahwa setelah berhubungan seks jangan lupa untuk mandi wajib, ya!
Mandilah segera setelah bercinta atau sebelum Anda dan suami sahur agar badan lebih segar saat menyantap makanan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan puasa dengan lebih bersemangat. {kumparan}