Eks Ketum PBB: Untuk Pertahankan Kekuasaan, Tak Usah Main Tangkap Orang Berbeda Pendapat

Mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mengkritik pemerintahan Joko Widodo yang dinilai kerap menangkap orang-orang yang mengkritik kebijakan Pemerintah.

Menurut dia, Pemerintah cukup merealisasikan janji –janjinya untuk mengembalikan kepercayaan rakyat. Terutama janji terkait penanganan wabah covid-19.

“Presiden Jokowi untuk mempertahankan kekuasaan gak perlu main tangkap pada orang-orang yang berbeda. Cukup dengan merobah Distrust menjadi Trust. Realisasikan janji disaat covid-19,” kata Kaban lewat akun Twitternya, Sabtu (30/5/2020).

Mantan Menteri Kehutanan itu mengingatkan Pemerintah bahwa kekuasaan tidak boleh menumbuhkan ketakutan pada rakyat. Kekuasaan yang seperti itu dapat mempersingkat kekuasaan itu sendiri.

“Berkuasa dengan menumbuhkan rasa takut pada rakyat yang merdeka biasanya mempersingkat masa kekuasaan. Fakta sejarah ya begitu,” kata dia mengingatkan.

Dalam cuitan lainnya, Kaban membandingkan krtikan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Era Presiden SBY ada pendemo menulis BBM naik SBY turun, apakah era Presiden Jokowi ini BBM turun presiden turun? paradox logis toh,” katanya.

Dia pun meminta Jokowi segera menurunkan harga BBM untuk mengurangi beban rakyat.

“Untuk mengurangi beban rakyat bersegeralah Presiden RI turunkan BBM, ini hanya harapan, bukan surat terbuka. Turunkan BBM toh APBN aman ada bu menkeu hutang lagi,” kata dia. {akurat}