News  

Gandeng BRI Agro, Pemuda Tani HKTI Buka Akses Permodalan Petani Jateng

Selasa (9/6/2020) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Agro Cabang Solo tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Pemuda Tani HKTI Jawa Tengah mengadakan audiensi dan kerjasama kemitraan dengan BRI Agro Solo bertempat di kantor cabang BRI Agro beralamat Cabang Solo, Jl. Slamet Riyadi No.330, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Cabang BRI Agro Solo Bapak Dimas dan Ketua Pemuda Tani HKTI Jawa Tengah Heriwanto.

Melalui audiensi ini di harapkan ada kerjasama yang baik, BRI Agro Solo punya komitmen baik memberikan akses penyediaan jasa layanan perbankan untuk petani sesuai prosedur yang berlaku

“BRI Agro memiliki keterikatan yang erat dengan sektor pertanian. BRI Agro berupaya memfasilitasi layanan perbankan di bidang pertanian yang dibutuhkan oleh petani dalam upaya peningkatan usaha,” ungkap Heriwanto di Solo, Selasa (9/6/2020).

Sebelum adanya kerja sama dengan Pemuda Tani HKTI Jawa Tengah, BRI telah melakukan berbagai upaya untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui pemberian akses permodalan berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat), program kewirausahaan pertanian, perhutanan sosial serta penyaluran kartu tani.

Heriwanto menjelaskan, dengan kerjasama ini diharapkan dapat meringankan permasalahan yang selama ini dihadapi petani di Indonesia.

“Saat ini petani di Indonesia menghadapi 5 masalah utama, yakni luasan lahan, permodalan, teknologi, manajemen dan market. Melalui kerjasama dengan Bank BRI, kami yakin dapat mempermudah akses permodalan terutama KUR kepada petani,” imbuh Heriwanto.

Tak hanya itu, BRI mendorong sinergi dengan seluruh stakeholders terkait agar mampu memberikan added value bagi sektor pertanian di Jawa Tengah. Termasuk dengan Pemuda Tani HKTI Jawa Tengah sebagai bridging institution yang menghubungkan antara petani dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Pemuda Tani HKTI Jawa Tengah akan berupaya aktif membantu petani untuk mencarikan solusi dalam hal permodalan. kami sangat apresiasi BRI Agro Cabang Solo ada program yang bagus untuk petani” Jelas Heriwanto