DuniaInggrisSepakbola

Juara Liga Inggris Setelah 30 Tahun, Berapa Hadiah Uang Yang Dikantongi Liverpool?

0
Berakhir sudah. Dahaga Liverpool selama 30 tahun memburu gelar Premier League tertuntaskan pada musim 2019/20.
Kepastian itu tak lepas dari kekalahan Manchester City dari tuan rumah Chelsea dengan skor 1-2 di Stamford Bridge, Kamis (25/6) malam waktu setempat atau Jumat (26/6) dini hari WIB.
Alhasil, perolehan poin skuat asuhan Juergen Klopp tak bisa lagi dikejar meski kompetisi masih menyisakan tujuh laga.
Menjadi juara Premier League tentu saja merupakan sebuah kehormatan. Apalagi, ini merupakan kali pertama bagi Liverpool semenjak Liga Inggris bertransformasi menjadi Premier League pada 1992 silam.
Kendati demikian, meraih gelar juara tak melulu soal gengsi. Ada pundi-pundi poundsterling yang sudah menanti.
Lantas, berapa banyak hadiah uang yang akan dikantongi The Reds usai menjuarai Premier League?
Premier League saat ini merupakan kompetisi sepak bola paling menguntungkan di seluruh dunia. Pada musim 2018/19, majalah Forbes melaporkan kompetisi terelit di Inggris ini mencatatkan keuntungan hingga 2,46 miliar pounds atau setara Rp 43,5 triliun.
Menjelang musim ini bergulir, diperkirakan bertambah 180 juta pounds (Rp 3 triliun). Dilaporkan Liverpool Echo, jumlah hadiah uang untuk musim ini belum dirilis secara resmi. Akan tetapi, diperkirakan tak akan berbeda terlalu signifikan dari musim lalu.
Hadiah uang bagi klub di Premier League dibagi ke dalam lima kategori yakni pembagian sama rata (equal share), hak siar dalam negeri, hak siar luar negeri, hadiah berdasarkan peringkat akhir kompetisi (merit payment), dan pembagian hak komersial.
Musim lalu, setiap klub Premier League mendapatkan 34 juta pounds (Rp 601 miliar) untuk equal share, 43 juta pounds (Rp 761 miliar) untuk hak siar luar negeri, dan 5 juta pounds (Rp 88 miliar) untuk hak komersial.
Manchester City yang menyabet gelar juara musim lalu mendapatkan 38,4 juta (Rp 679 miliar) untuk merit payment dan 30 juta pounds (Rp 531 miliar) untuk hak siar dalam negeri. Total, The Citizens meraup hadiah uang lebih dari 150 juta pounds (Rp 2,6 triliun).
Meski demikian, hadiah uang yang dikantongi City masih lebih sedikit dari Liverpool. Meski mengakhiri musim sebagai runner-up, The Kop mendapatkan total hadiah uang sebesar 152 juta pounds (Rp 2,6 triliun).
Hal itu menyusul laga-laga Liverpool yang lebih banyak disiarkan secara langsung ketimbang City.
Merujuk hal itu, Liverpool diperkirakan akan mendapatkan hadiah uang sebesar 154 juta pounds (Rp 2,7 triliun) karena berhasil menyegel juara Premier League musim ini.
Prediksi angka itu didapat dengan tambahan sebesar 1,9 juta pounds (Rp 33 miliar) dari hadiah uang 36,5 juta pounds (Rp 646 miliar) yang didapat setelah menyelesaikan kompetisi di peringkat kedua musim lalu. {kumparan}

Tragis! Artis Tiktok Cantik Ini Tewas Gantung Diri

Previous article

Bagir Manan: Jokowi Melanggar Etika Ketatanegaraan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *