Sang Juara Liverpool Babak Belur Dihajar City Empat Gol Tanpa Balas

Juara Premier League 2019/2020 Liverpool gagal menunjukkan kredibilitas titel mereka dengan mengalahkan tuan rumah Manchester City, Jumat (3/7) dini hari.
Yang terjadi justru sebaliknya: Mohamed Salah cs. dihajar Kevin De Bruyne dkk. dengan skor memalukan 4-0.
Lima gol City dicetak oleh penalti De Bruyne, Raheem Sterling, Phil Foden, dan gol bunuh diri Alex Oxlade-Chamberlain. Sementara itu, Liverpool tak beruntung di depan gawang dan terpaksa ikhlas dengan angka 0 di papan skor.
Tentu saja, sebetulnya hasil pertandingan ini tak pengaruh apa-apa buat kedua tim. Liverpool tetap di pucuk klasemen dengan poin 86 sementara City di peringkat dua dengan 66 poin.
Tapi, ya, naskah ideal agar sang juara berpesta di kandang rival terdekat tak jadi terwujud. Dan apa namanya kata-kata yang tepat menggambarkan situasi pagi ini? Ah ya, antiklimaks.
Di menit keempat, sebetulnya Liverpool sudah mengancam lewat Mohamed Salah dan Sadio Mane. Terlepas dari penjagaan Laporte, Salah melakukan tembakan setengah voli yang masih bisa ditepis Ederson.
Sementara itu, tembakan susulan dari Mane juga masih terlalu lemah dan berhasil dikuasai kiper City dari Brasil itu.
Liverpool kembali mengancam pada menit ke-19, lagi-lagi melalui Salah. Kali ini, tendangan menyusurnya dari luar kotak penalti cuma bisa menampar tiang gawang dan gagal mengubah kedudukan.
Meski begitu, Liverpool justru ketinggalan lebih dulu pada menit ke-25. Aksi Sterling di dalam kotak penalti Liverpool memaksa Joe Gomez menjatuhkan mantan pemain Liverpool itu. Wasit Anthony Taylor tanpa ragu menunjuk titik putih.
De Bruyne yang menjadi algojo melaksanakan tugas tanpa cela. Tendangan kerasnya ke sisi kiri gawang justru dijauhi Alisson Becker yang melayang ke arah sebaliknya.
Manchester City 1-0 Juara Premier League.
Di menit 35, City berhasil menggandakan keunggulannya lewat Raheem Sterling.
Sebuah counter-attack luar biasa yang melibatkan Gabriel Jesus dan Phil Foden berakhir di kaki Sterling. Sterling, yang sadar akan hadangan dari Alexander-Arnold, menggocek sekali ke dalam dan melakukan dink kecil melewati Alisson yang menerkam ke arah Sterling.
Manchester City 2-0 Juara Premier League.
Manchester City agaknya tak ingin pesta juara Liverpool berlangsung lama-lama. Pada menit ke 45, benar-benar merusak mood fans Liverpool, Phil Foden justru menambah keunggulan City.
Melakukan operan satu-dua dengan Kevin De Bruyne, Foden berhasil lepas dari kawalan Robertson dan tak kesulitan mencetak gol ke gawang Alisson untuk ketiga kalinya pagi ini.
Manchester City 3-0 Juara Premier League.
Di babak kedua, pelatih Liverpool Jurgen Klopp memasukkan Oxlade-Chamberlain menggantikan penyebab penalti Joe Gomez.
Namun, entah Liverpool terlalu banyak pesta seminggu terakhir atau memang City yang tampil terlalu trengginas, lapangan justru berubah menjadi ladang pembantaian alih-alih panggung penahbisan sang juara.
Lagi-lagi Sterling jadi biang kerok. Seakan tak membaca naskah pertandingan, ia menghukum penampilan buruk mantan klubnya itu dengan sebuah gol dari serangan balik yang diorkestrasi De Bruyne, sang kapten yang tampil sungguh brilian pagi ini.
Meski gol dianggap sebagai bunuh diri Oxlade-Chamberlain, Sterling tak kurang gembiranya.
City sebetulnya punya kesempatan lagi untuk memperbesar keunggulan. Namun, gol Riyad Mahrez di menit tambahan babak kedua dianulir wasit setelah berkonsultasi dengan VAR. Hasil Manchester City 4-0 Liverpool bertahan hingga laga usai. {kumparan}