Klasemen F1 2020 Usai GP Austria, Bottas Teratas

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, keluar sebagai pemenang pada balapan seri perdana F1 2020. Bottas finis terdepan pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (5/7/2020) malam WIB.

Pembalap berpaspor Finlandia itu pun saat ini menempati urutan teratas di klasemen sementara F1 2020 dengan koleksi 25 poin. Tepat dibelakang Bottas ada Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan Lando Norris (Mc Larren).

Keduanya berada di urutan kedua dan tiga dengan masing-masing mengoleksi 18 dan 16 poin. Sementara juara dunia tahun lali, Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) harus puas hanya berada di posisi empat dengan perolehan 12 angka.

Kembali ke jalannya balapan seri perdana musim ini, Bottas yang start terdepan berkat performa apiknya di sesi kualifikasi berhasil mempertahankan posisi hingga balapan usai.

Meski sempat mendapat tekanan dari Max Verstappen (Aston Martin), Bottas tetap mampu menjaga ritme membalapnya dengan sangat baik.

Sayang, Verstappen justru harus menyudahi balapan lebih dulu usai mengalami masalah pada mobilnya. Juara F1 GP Austria dua edisi terakhir itu terpaksa mengakhiri perjuangannya di putaran ke-14.

Memasuki beberapa putaran terakhir, Charles Leclerc sukses menyalip dua mobil secara beruntun. Pertama, pembalap asal Monako itu menyalip Lando Norris, setelahnya Sergio Perez menjadi korban.

Namun, Bottas yang tak terkejar pembalap lain sejak awal hingga akhir lomba akhirnya keluar sebagai pemenang. Pembalap berkebangsaan Finlandia itu diikuti oleh Charles Leclerc di posisi kedua dan Lando Norris yang mencatatkan podium pertamanya di F1.

Usai tampil di seri perdana, para pembalap F1 masih akan menjalani seri kedua yang juga digelar di trek yang sama yakni Sirkuit Spielberg pada 10-12 Juli 2020 mendatang.

Berikut klasemen sementara F1 2020 usai GP Austria

1. Valtteri Bottas – Mercedes AMG Petronas – 25

2. Charles Leclerc – Scuderia Ferrari – 18

3. Lando Norris – McLaren F1 Team – 15

4. Lewis Hamilton – Mercedes AMG Petronas – 12

5. Carlos Sainz – McLaren F1 Team – 10

6. Sergio Perez – BWT Racing Point F1 Team – 8

7. Pierre Gasly – Scuderia AlphaTauri Honda – 6

8. Esteban Ocon – Renault F1 Team – 4

9. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo Racing Orlen – 2

10. Sebastian Vettel – Scuderia Ferrari – 1 {okezone}