DuniaSepakbola

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Disebut Lebih Jago Dari Cristiano Ronaldo

0

Perdebatan soal siapa lebih hebat antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seakan tidak ada habisnya. Penggemar kedua pemain terus menunjukkan siapa lebih hebat di antara yang lain. Maklum, keduanya memiliki masa keemasan pada era yang sama.

Sejumlah indikator lantas dikedepankan sebagai penguat argumen. Mulai dari catatan gol, jumlah trofi, hingga penghargaan individu terbaik, menjadi takaran siapa lebih baik dibandingkan yang lain. Namun, dalam beberapa hal, Lionel Messi perlu diakui lebih hebat dibandingkan Cristiano Ronaldo.

Berikut beberapa indikator yang menyebabkan Lionel Messi pantas disebut lebih jago dibandingkan Cristiano Ronaldo, dilansir dari Sportzion, Kamis (9/7/2020).

5. Permainan tim

Sepakbola adalah permainan tim. Kendati memiliki skill mumpuni, seorang pemain sepakbola tidak akan bisa mengembangkan permainan jika gagal membangun kerja sama dengan rekan setim. Untuk hal satu ini, Lionel Messi jelas unggul dibandingkan Cristiano Ronaldo.

La Pulga dianggap lebih mampu menyatu dengan tim dalam hal permainan dari kaki ke kaki. Meski memiliki olah bola yang mumpuni serta dribbling di atas rata-rata, Lionel Messi masih lebih sering mengoper.

Sementara Cristiano Ronaldo lebih sering berperan sebagai penyelesai akhir dan amat jarang terlibat dalam permainan tim kecuali mencetak gol.

4. Bertahan

Posisi kedua pemain hampir sama di lini serang. Namun, soal membantu pertahanan tim, Lionel Messi lebih unggul. Pesepakbola asal Argentina itu punya rasio intersep 0,6 dan tekel sebesar 0,7 kali per pertandingan. Ia juga rajin untuk ikut membantu menekan lawan di depan.

Sedangkan Cristiano Ronaldo hanya punya rataan intersep 0,3 dan tekel 0,2 per pertandingan. CR7 beberapa kali terlihat malas bergerak di depan untuk menekan lawan, apalagi ketika diminta turun guna membantu pertahanan.

3. Jumlah kartu

Meski kerap menjadi sasaran tekel lawan, Lionel Messi terkenal punya kontrol emosi yang jauh lebih baik. Sementara Cristiano Ronaldo kerap meledak-ledak. Kontrol emosi tersebut sedikit banyak berpengaruh pada jumlah kartu yang pernah diterima.

Sepanjang kariernya, Lionel Messi hanya pernah menerima 77 lembar kartu kuning dan dua kartu merah (keduanya saat bersama Tim Nasional Argentina).

Di sisi lain, Cristiano Ronaldo sudah mendapat 120 kartu kuning dan dikartu merah sebanyak 11 kali. Messi hanya pernah menjalani larangan bermain sebanyak empat pertandingan, sementara Ronaldo mencapai 24 kali.

2. Jumlah gol

Untuk yang satu ini, data kembali berbicara. Berdasarkan laporan yang diterbitkan michelacosta.com, Lionel Messi punya rataan gol yang lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 33 tahun itu menjaringkan 699 gol dari 859 pertandingan atau dengan rasio 0,81 gol per pertandingan.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo mampu mencetak 725 gol dari 1002 pertandingan dengan rasio 0,72 gol per pertandingan. Dari rataan tersebut, terlihat Lionel Messi mampu mencetak lebih banyak gol dengan jumlah pertandingan yang lebih sedikit.

1. Penghargaan individu

Lionel Messi jelas unggul dibandingkan Cristiano Ronaldo dalam hal pengumpulan penghargaan individu.

Sejauh ini, pesepakbola kelahiran Rosario itu sudah mengumpulkan enam penghargaan Ballon dOr termasuk pada 2019. Sementara itu, Cristiano Ronaldo hanya bisa menyabet lima trofi Ballon dOr.

Meski trofi di level internasional bersama Argentina masih nol, Lionel Messi tetap dianugerahi pemain terbaik Piala Dunia pada 2014.

Memang, sumbangan trofi untuk timnas di level senior tetap dimenangi Ronaldo, tetapi Messi pernah mengantar timnas kelompok umur Argentina meraih medali emas Olimpiade serta Piala Dunia U-20. {okezone}

Banding Ditolak, Galih Ginanjar Tetap Dipenjara 2 Tahun 4 Bulan

Previous article

Sambut MotoGP Spanyol 2020, Marquez Bersaudara Luncurkan Helm Baru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *