Tekno  

Genjot Pembiayaan UKM, KoinWorks Gandeng Pemprov DKI Jakarta

Pandemi Covid-19 memengaruhi kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Setidaknya hampir 50 persen UKM di Indonesia terancam gulung tikar akibat pandemi.

Untuk membantu menjawab persoalan tersebut terkait pembukaan akses pembiayaan produktif, PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) resmi berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar.

Pada program ini, KoinWorks menjadi salah satu lembaga fintech yang digandeng untuk menyalurkan pinjaman modal lebih dari 13 ribu UKM di Provinsi DKI Jakarta.

CEO & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan kerja sama yang dijalin menjadi salah satu bentuk perwujudan komitmen Koinworks dalam mendampingi UKM Indonesia.

Langkah ini sebagai transformasi menjadi UKM digital guna menjawab perubahan perilaku masyarakat melalui alternatif pembiayaan.

“Kerja sama ini juga menunjukkan kepercayaan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah kota kepada KoinWorks untuk berkontribusi pada program stimulasi pertumbuhan ekonomi lewat dukungan terhadap UKM dan sektor produktif khususnya di wilayah Ibu kota,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (17/7).

Pada program ini Koinworks bertindak sebagai platform akuntabilitas dan penyalur pinjaman yang mempertemukan kolaborator dengan pelaku UKM penerima pinjaman modal usaha, yang berada dalam naungan binaan Dinas Pemprov DKI Jakarta.

Adapun seluruh ketentuan penyaluran pembiayaan yang dilakukan melalui KoinWorks untuk program ini telah disesuaikan dengan ketentuan dari pihak Pemprov DKI Jakarta dan sistem penyaluran pinjaman yang sudah KoinWorks terapkan sebelumnya.

“Lewat kerja sama ini pula, kami berharap dapat memberikan kontribusi lebih dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia melalui pelaku UKM dan menjadikan inklusi finansial di Indonesia semakin luas.”

“Selain itu, lewat pemanfaatan teknologi finansial diharapkan penyaluran pembiayaan UKM dapat lebih cepat, efisien dan tepat sasaran,” ucapnya. {republika}