Sempat Disalip Vinales dan Marquez, Quartararo Rajai MotoGP Spanyol 2020

Seri perdana MotoGP 2020 usai digelar di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Jerez de la Frontera, Spanyol, pada Minggu (19/7/2020) malam WIB. Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tampil sebagai pemenang balapan.

Finis terdepan tidak diraih Fabio Quartararo dengan mudah. Pembalap berpaspor Prancis itu sempat melorot ke posisi tiga selepas start karena disalip Maverick Vinales dan Marc Marquez yang sama-sama start dari baris pertama.

Posisinya bahkan melorot ke empat setelah disalip Jack Miller. Untung, El Diablo mampu tampil tenang. Ia balik menyalip Jack Miller dan dengan baik memanfaatkan kesalahan Maverick Vinales untuk mengambil alih posisi terdepan.

Marc Marquez sendiri melebar pada putaran empat sehingga terlempar ke posisi 16.

Setelah itu, Fabio Quartararo terus memimpin dari putaran delapan hingga usai. Sedangkan posisi di belakangnya, sempat berganti pemilik dari Jack Miller ke Maverick Vinales. Marc Marquez yang terlempar ke belakang, perlahan naik hingga posisi tiga pada putaran 21.

Sayangnya, ia terjatuh saat hendak mengejar Maverick Vinales di peringkat dua. Setelah sang juara bertahan gagal finis, posisi tiga diambil oleh Andrea Dovizioso dari tangan Jack Miller di putaran 23.

Dengan demikian, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso melengkapi posisi tiga besar saat bendera finis dikibarkan.

Finis terdepan membuat Fabio Quartararo turut memimpin klasemen dengan nilai 25. Di tempat kedua ada Maverick Vinales dengan 20 angka dan berikutnya Andrea Dovizioso mengoleksi 16 poin.

Sementara itu, lima pembalap termasuk Valentino Rossi dan Marc Marquez gagal finis sehingga poin mereka masih nihil. {okezone}