Tekno  

Telkomsel Tawarkan Kuota Internet 10GB Seharga Rp.10 Untuk Para Pelajar

Pandemi Virus Corona COVID-19 memaksa masyarakat dunia, termasuk Indonesia untuk beraktivitas di rumah. Tak terkecuali bagi para siswa hingga mahasiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan belajar jarak jauh masih diterapkan untuk Tahun Ajaran 2020/2021.

Hal ini dipertegas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, pada Juni lalu, yang mengatakan hanya 6 persen sekolah yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka sisanya dilarang.

Untuk mendukung program belajar jarak jauh dari rumah, operator telekomunikasi Telkomsel menghadirkan inisiatif baru, yakni Paket Ilmupedia E-learning Session yang menawarkan kuota internet sebesar 10GB dengan harga Rp10.

“Para pelajar di Indonesia diperkirakan masih perlu melakukan aktivitas belajar online. Kami juga memahami keadaan yang membuat akses internet sebagai kebutuhan pokok bagi para pelajar, orangtua, dan tenaga pendidik untuk menjamin kelancaran kegiatan belajar-mengajar online,” kata Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto, Selasa, 28 Juli 2020.

Ia melanjutkan, paket ini bisa digunakan untuk mengakses 10 platform edutech, e-learning dari sekitar 245 perguruan tinggi dan sekolah menengah di Indonesia, serta situs penyedia materia belajar lainnya dari berbagai tingkat pendidikan.

Sepuluh platform yang bisa diakses pengguna tingkat SD hingga SMA seperti Quipper, Zenius, Udemy, Cakap, Bahaso, Sekolah.mu, Ganeca digital, Kipin School 4.0, ayoblajar, dan Aminin.

Selain itu situs e-learning lain yang bisa diakses dengan paket Ilmupedia adalah indihomestudy.com, cambrigeenglish.org, pijarmahir.id, pijarsekolah.id, infomedia.id, elearning.gurudaringmilenial.id, serta melajah.id.

Paket Ilmupedia E-learning Session ini sudah tersedia sejak 24 Juli hingga 30 September mendatang. Pengguna bisa mengaktifkannya lewat aplikasi MyTelkomsel dan mendapatkan kuota sebesar 10GB selama 30 hari.

Sebelumnya, Telkomsel juga bekerja sama dengan Kemendikbud menghadirkan Paket Bantuan Kuota Terjangkau. Paket tersebut berisi kuota hingga 50GB dengan harga mulai dari Rp40 ribu. Data ini bisa diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau menghubungi menu akses *168#.

“Dalam hal ini agar bisa tersedia paket data yang ramah kantong siswa hingga mahasiswa,” ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam.

“Apalagi situasi sekarang kondisi ekonomi kita sangat tertekan karena banyak siswa/mahasiswa yang orangtuanya mengalami dampak dari pandemi COVID-19, sehingga tidak bisa membayar kuliah, bahkan ada yang tidak sanggup membeli pulsa,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengungkapkan jika kerja sama ini akan menyediakan sejumlah paket, mulai dari regular hingga CloudX.

“Harapannya bisa menjangkau lebih luas, menjangkau semua segmen siswa/mahasiswa. Ada lebih dari 4.700 perguruan tinggi menikmati layanan Telkomsel dengan kuota khusus,” tutur dia. {viva}