Hasil MotoGP Styria 2020, Miguel Oliveira Bikin Miller dan Espargaro Sakit Hati

Pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, tampil sebagai yang tercepat dalam gelaran MotoGP Styria 2020. Hasil luar biasa ini bisa tercipta karena kecerdikan Oliveira di dua tikungan terakhir menjelang garis finis.

Balapan yang semula berjalan mulus dan lancar di Sirkuit Red Bull Ring ini sejatinya harus dihentikan ketika memasuki lap ke-17. Pasalnya, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengalami kecelakaan. Untungnya, dalam kecelakaan kali ini tak ada pembalap lain yang terlibat.

Kecelakaan ini terjadi saat Vinales hendak memasuki tikungan pertama. Pembalap berjuluk The Top Gun itu mencoba membelokkan motornya. Akan tetapi, kuda besinya justru tak mau berbelok.

Alhasil, Vinales pun terjatuh dari motor balapnya. Beruntung tak ada pembalap lain yang melaju tepat di belakang Vinales, sehingga The Top Gun tak tertabrak. Sementara itu, motor balap Vinales terus melaju lurus dalam kecepatan 160 km/jam hingga menabrak pembatas dan terbakar.

Akibat kejadian ini, red flag pun dikibarkan. Pasalnya, stewards akan membersihkan lintasan. Dikhawatirkan oli yang berceceran di lintasan akibat insiden Vinales tersebut membahayakan para pembalap lainnya.

Ketika balapan dimulai kembali, terdapat perubahan posisi yang cukup signifikan di jajaran depan. Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang sebelumnya telah unggul jauh di posisi pertama dari pembalap lain, kini mendapat perlawanan sengit dari rider Pramac Ducati, Jack Miller.

Seiring berjalannya waktu, Mir justru semakin mundur ke belakang. Ia disalip oleh para pembalap lain seperti Pol Espargaro (KTM Red Bull) dan juga Miguel Oliveira. Setelah diamati, ternyata ban depan motor balap Mir mulai habis, sehingga ia tak bisa melaju maksimal.

Memasuki lap terakhir, pertarungan untuk perebutan posisi pertama pada awalnya terjadi di antara Pol dan Miller saja. Ketika memasuki tikungan ketiga, posisi Pol agak melebar. Hal itu lantas dimanfaatkan oleh Miller untuk mengambil tempat terdepan.

Duel ini terus berlanjut hingga dua tikungan terakhir menjelang finis. Puncaknya, pada tikungan terakhir Miller sengaja mendesak Pol agar melebar. Namun, situasi ini justru dimanfaatkan oleh Oliveira yang tepat berada di belakang mereka untuk menggeber motor dan finis pertama.

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Styria 2020:

1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)

2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)

4 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

5 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)

6 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

8 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

9 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

10 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)

11 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

12 Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

13 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)

14 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)

15 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

16 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

17 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)

18 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

19 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

20 Michele Pirro ITA Ducati Team (GP20)

21 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)

Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) {okezone}