Tekno  

Youtap Indonesia, StartUp Besutan Salim Group Yang Fokus Digitalisasi UMKM

Tahukah Anda? Grup Salim memiliki startup yang berfokus untuk mendigitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) loh! Namanya, Youtap Indonesia.

Startup tersebut merupakan perusahaan rintisan patungan antara Grup Salim dan Youtap Singapura, berfokus memberi bantuan bagi para UMKM dalam mengelola bisnis sejak berdiri pada awal 2020.

Mengutip keterangan resmi perusahaan, Jumat (28/8/2020), “(sejak awal tahun) sampai saat ini, Youtap Indonesia telah menggandeng 50 ribu UMKM (ke dalam ekosistem platform-nya.”

Menurut CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto, selain berhasil menggaet puluhan ribu UMKM, Youtap juga mencatatkan 1 juta transaksi di platform-nya.

Youtap Indonesia juga melihat peningkatan total mitra yang menerapkan sistem pembayaran nirtunai sejak PSBB, meningkat dari 17% menjadi 22%. “Sejak awal, kami berusaha membantu mitra beradaptasi dengan masa pandemi COVID-19,” kata Herman.

Selain itu, jumlah transaksi mitra secara nirtunai meroket sebesar 129% di tengah pandemi. Bahkan, 65% mitra Youtap kabarnya tak menyediakan sistem pembayaran tunai selama corona mewabah.

Tak cukup sampai di situ, kini Youtap meluncurkan aplikasi dagang dengan tiga fitur utama, yakni:

1. Pengelolaan dagangan

Fitur ini dapat membantu para mitra Youtap memindai kode bar barang yang akan mereka jual/yang ada di Stock Keeping Unit (SKU).

2. Pemrosesan transaksi penjualan

Dengan fitur ini, mitra Youtap dapat mencatat seluruh transaksi di aplikasi, baik yang tunai maupun nirtunai. Mitra pun dapat menggunakan beragam sistem pembayaran seperti QRIS.

3. Analisis insight

Lewat fitur ini, mitra bisa mendapat pengetahuan yang berguna dalam perencanaan ekspansi usahanya. Ada pula penawaran promosi dan program loyalitas yang bisa mitra tawarkan ke konsumen. {WE}