News  

Viral! Video Ribuan Karyawan Perusahaan Dipecat Bersamaan, Warganet Ikut Sedih

Pandemi Covid-19 lagi-lagi menimbulkan dampak buruk bagi perusahaan dan para pekerjanya. Kali ini, sebuah perusahaan yang belum diketahui lokasi dan namanya itu diduga terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi karyawannya.

Bukan satu atau dua, tapi diperkirakan ada ribuan jumlah karyawan yang terpaksa harus diberhentikan pekerjaannya.

Yang lebih menyedihkan lagi, ribuan pekerja yang di PHK itu disebut merupakan seluruh karyawan yang berada di lingkungan dan jajaran perusahaan tersebut.

Kabar menyedihkan itu diketahui melalui sebuah video TikTok yang baru-baru ini viral di media sosial.

Video yang diunggah oleh akun @rizkajuniar14, Minggu (20/9/2020) hingga kini, Senin (21/9/2020) sudah ditonton sebanyak 1,8 juta lebih tayangan oleh pengguna platform tersebut.

Bahkan, video itu dengan cepat banyak beredar di laman media sosial lainnya seperti Instagram. Dalam tayangan video viral durasi 17 detik tersebut, terlihat ribuan karyawan dari perusahaan itu sudah berkumpul di halaman gedung kantor mereka.

Ramainya karyawan yang berkumpul itu sampai-sampai hampir memadati seluruh isi halaman kantor, tepatnya di titik salah satu pintu gedung.

Diketahui, seluruh karyawan itu dikumpulkan untuk mendengarkan pengumuman PHK yang disampaikan oleh perusahaan tersebut.

“Pemberitahuan PHK massal karyawan…” kata salah seorang yang berada yang berada di balik teras gedung.

Menurut akun TikTok @rizkajuniar14 dalam tulisan di videonya, perusahaan tersebut memutuskan untuk melakukan PHK terhadap seluruh karyawannya.

Dan yang ada di dalam video tersebut disampaikan oleh akun @rizkajuniar14 belum seluruh karyawan dari perusahaan tersebut.

“Dan ini belum semuanya karna di bagi 2 tempat pengumuman PHK nya,” tulisnya seperti dikutip dalam teks videonya.

Tentu saja PHK yang harus dialami oleh karyawan tersebut merupakan suatu hal yang sangat menyedihkan.

Selain kehilangan pekerjaan, mereka yang sudah bagaikan keluarga itu harus berpisah karena tak lagi berada di satu tempat bekerja. Belum lagi, bagaimana dengan nasib mereka kedepannya.

Akun @rizkajuniar14 juga menyebutkan, bahwa karyawan yang bekerja di perusahaannya tersebut rata-rata banyak yang menggantungkan hidupnya di tempat mereka bekerja itu.

“Ada yang harus menjadi tulang punggung keluarga ada yang membiayai keluarganya, kuliah sambil kerja,” tulis akun @rizkajuniar14.

Hingga berita ini dimuat, belum diketahui nama perusahaan yang ada dalam video viral tersebut. Begitupun lokasi dan tanggal video itu diambil.

Namun beredarnya video PHK massal tersebut tampaknya membuat banyak warganet ikut merasakan sedih melihat nasib yang dialami oleh para karyawan dalam video viral tersebut.

Warganet pun tidak bisa membayangkan betapa hancurnya perusahaan tersebut karena harus mengalami kondisi demikian.

Begitu juga dengan nasib para karyawan yang di PHK tersebut yang masih belum pasti bagaimana kedepannya.

Sebagian warganet ada yang memetik hikmah dari apa yang ditayangkan dalam video viral itu.

Mereka saling berpesan untuk lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini, dan tidak mengeluh dengan tugas-tugas pekerjaan.

Sebab di luar sana ada banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena menjadi korban PHK akibat kondisi dan situasi pandemi.

“Ayo yang masih kerja jangan patah semangat diluar sana banyak yg butuh pekerjaan, jangan banyak ngeluh jalanin aja demi orang di rumah,” tulis pengguna TikTok, @ramdanatmaludin_.

“Bersyukur banget gua masih bisa kerja, walaupun dikantor gua juga banyak yang di PHK, sedih banget diri ini kadang masih suka ngelur,” tulis akun @nurulaini6644. {tribun}