Tak Ada Turnamen Hingga Akhir Tahun, PBSI Bakal Gelar Simulasi Lagi?

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tengah mempertimbangkan untuk kembali menggelar simulasi pertandingan untuk para atlet penghuni pelatnas.

Hal tersebut menyusul keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengundur penyelenggaraan turnamen seri Asia yang seharusnya digelar pada November 2020 ini ke bulan Januari 2021.

Seperti diketahui, sebelumnya PBSI juga telah melangsungkan simulasi pertandingan bertajuk home tournament perorangan dan simulasi Piala Thomas & Uber. Namun di sisi lain, Achmad Budiharto selaku Sekretaris Jenderal PP PBSI mengatakan hal ini masih dalam rencana.

Sebab menurutnya, penampilan para atlet di pertandingan simulasi tentunya tidak akan sama dengan penampilan mereka di turnamen resmi.

“Kalau di pertandingan resmi, mereka akan ketemu dengan lawan-lawan yang membuat mereka ingin mengeluarkan semua kemampuan mereka, akan sangat berbeda dengan simulasi.”

“Namanya simulasi, seserius apapun, pasti tidak semaksimal seperti mereka bertanding di turnamen resmi,” jelas Budiharto seperti dilansir dari laman resi PBSI, Minggu (27/9/2020).

Seperti diketahui, BWF sebelumnya resmi mengumumkan Bangkok, Thailand sebagai tuan rumah penyelenggaraan tiga turnamen seri Asia 2020. Akan tetapi, turnamen tersebut mengalami perubahan jadwal, di mana BWF menggesernya pada Januari 2021.

Setidaknya ada sebanyak enam turnamen yang sedianya diselenggarakan pada tahun ini, tetapi beberapa ajang ada yang ditangguhkan dan dibatalkan. {okezone}