News  

Sebulan Terakhir, 900 Jenazah Pasien COVID-19 Dimakamkan di Pondok Ranggon

Dalam sebulan terakhir, sekitar 900 jenazah dimakamkan dengan protap Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Kian hari, jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19 terus bertambah. Hingga akhirnya, lahan baru seluas 4.000 m² ditambah untuk jenazah dengan protap Covid-19.

Kendati begitu, satu diantara penggali makam, Imang Maulana mengatakan dalam satu bulan terakhir sudah ratus jenazah yang dimakamkan di lahan baru tersebut.

“Dalam satu bulan terakhir terjadi lonjakan drastis, hingga hari ini. Di sini penggali makan terbagi dalam empat tim atau empat regu. Dalam sebulan itu kurang lebih 900 jenazah yang dimasukkan ke TPU Pondok Ranggon dan itu dilahan yang baru dibuka,” katanya di lokasi, Selasa (29/9/2020).

Untuk itu, para penggali makam ini harus selalu menjaga stamina mereka. Sebab berapapun jumlah jenazah yang datang, mereka harus siap sedia memakamkan.

“Sebetulnya sih dari awal hingga akhir ini sudah krisis. Ini lahan terakhir, bisa dikatakan lahan terakhir. Menurut informasi dari pimpinan juga begitu, lahan untuk kedepan diperkirakan enam ratus jenazah lagi,” tandas Imang. {tribun}