3 Skenario Dorna Untuk Gelaran MotoGP 2021

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku telah menyiapkan tiga skenario untuk gelaran MotoGP 2021. Sejauh ini, Ezpeleta masih memiliki keyakinan bahwa gelaran MotoGP 2021 bisa terselenggara di seluruh sirkuit yang telah bekerja sama dengan Dorna.

Karena itu, Dorna memungkinkan tiga skenario itu untuk menggelar balapan dengan adanya penonton atau tidak. Hal tersebut, tentu masih harus bergantung dengan kondisi Covid-19 di beberapa negara apakah penonton diperbolehkan untuk hadir di tribun atau tidak.

Pada saat ini, Dorna memiliki keyakinan bahwa setiap negara sudah mengetahui bagaimana mereka harus menangani virus Corona. Karena itu, berbekal pengalaman pada musim ini, Dorna berharap bahwa balapan di luar Eropa juga bisa terselenggara pada musim depan.

Hanya saja kini yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan kondisi penggemar untuk hadir di tribun penonton. Skenario berbeda pun telah dipilih Dorna dalam hal memungkinkan kehadiran penonton di arena balap.

“Pertama, skenario kami adalah (menggelar balapan sesuai dengan) jadwal lama. Kemudian kami bisa menangani semua Grand Prix secara normal,” ungkap Ezpeleta, mengutip dari Speedweek, Minggu (4/10/2020).

“Setelah itu, apakah dan di mana kami dapat mengizinkan penonton dan menjual tiket. Masih banyak detail yang belum diputuskan. Tetapi, pada prinsipnya kami memiliki konsep kontrak dengan semua mitra,” tambahnya.

“Sekarang semua otoritas dan penyelenggara tahu bagaimana menangani virus Corona. Jadi kami harus bernegosiasi dengan semua mitra kontrak individu,” lanjutnya.

Karena itu, untuk skenario adanya penggemar, Dorna menilai ada tiga pilihan yakni tidak ada penonton, ada penonton dengan 30 hingga 50 persen, atau tribun terisi penuh seperti pada 2019. Situasi balapan dengan adanya penonton pun telah diuji coba di Sirkuit Misano pada bulan lalu.

“Pada 2020 kami memiliki sistem yang dapat kami gunakan untuk tampil di seluruh Eropa meskipun ada virus Corona. Dalam skenario terburuk, kami harus melanjutkan seperti tahun ini,” sambungnya.

“Tetapi, kami berharap bisa mendapatkan kembali 50 atau 100 persen penonton untuk musim depan,” pungkasnya. {okezone}