BalapMotoGP

Sensasi MotoGP 2020, Pole Position Tak Jamin Pembalap Raih Kemenangan

0

Gelaran MotoGP 2020 menghadirkan banyak kejutan. Absen panjangnya Marc Marquez akibat cedera telah membuat para pembalap berjuang keras untuk menuai hasil manis sejak sesi kualifikasi. Mereka berharap bisa meraih pole position di garis start hingga akhirnya memenangkan balapan.

Tetapi ternyata, meraih pole position dalam balapan tak serta-merta jadi jaminan bakal menang. Kondisi ini terlihat jelas dalam gelaran MotoGP 2020. Sejumlah pembalap yang berhasil merebut pole position nyatanya gagal menang.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (15/10/2020), ada lima nama berbeda yang berhasil merebut pole position dari sembilan seri yang telah digelar di MotoGP 2020. Hasilnya, sebagian besar pembalap ini tak bisa memanfaatkan peluang besarnya untuk merebut kemenangan.

Lima pembalap yang berhasil merebut pole position sejauh ini ialah Fabio Quartararo, Johann Zarco, Maverick Vinales, Pol Espargaro, dan Franco Morbidelli. Hasilnya, hanya Quartararo dan Vinales yang merebut kemenangan usai menempati pole position.

Quartararo melakukan hal itu kala mentas di dua seri awal, yakni Grand Prix (GP) Spanyol dan Andalusia. Dua seri ini diketahui digelar di sirkuit yang sama, yakni Jerez. Aksinya memang begitu memukau kala itu hingga berhasil keluar sebagai pemenang.

Sayangnya, kinerja apik ini gagal ditunjukkan Quartararo kala kembali merebut pole position di MotoGP Prancis 2020.

El Diablo -julukan Quartararo- akhirnya hanya bisa finis di urutan kesembilan dalam balapan tersebut. Kemenangan justru diraih Danilo Petrucci yang memulai balapan dari urutan ketiga.

Selain Quartararo, Vinales juga berhasil memanfaatkan peluang besarnya merebut pole position kala mentas di MotoGP Emilia Romagna 2020. Ia keluar sebagai pemenang usai tampil apik sejak sesi kualifikasi hingga merebut pole position.

Sayangnya, nasib yang sama dengan Quartararo juga dialami Vinales. Ia gagal menunjukkan kinerja apiknya itu di balapan lainnya kala berhasil merebut pole position juga. Tepatnya, hal itu dilakukan Vinales di MotoGP Austria dan San Marino.

Di dua balapan itu, Vinales hanya finis di urutan ke-10 dan keenam. Zarco juga melakukan hal yang sama dengan Vinales di MotoGP Republik Ceko 2020. Dalam balapan seri ketiga musim ini itu, Zarco akhirnya hanya finis di urutan ketiga. Kemenangan didapat oleh rider debutan KTM, Brad Binder.

Pol Espargaro melakukan hal serupa di MotoGP Styria 2020. Terakhir, ada Morbidelli yang juga gagal menang di MotoGP Catalunya 2020, meski berhasil merebut pole position.

Hasil ini benar-benar membuktikan bahwa kinerja yang konsisten masih sulit ditunjukkan sejumlah pembalap di MotoGP 2020.

Berikut daftar nama pembalap yang menempati pole position dan menang di 9 seri MotoGP 2020:

1. MotoGP Spanyol 2020: Fabio Quartararo (pole position) – Fabio Quartararo (pemenang)

2. MotoGP Andalusia 2020: Fabio Quartararo (pole position) – Fabio Quartararo (pemenang)

3. MotoGP Republik Ceko 2020: Johann Zarco (pole position) – Brad Binder (pemenang)

4. MotoGP Austria 2020: Maverick Vinales (pole position) – Andrea Dovizioso (pemenang)

5. MotoGP Styria 2020: Pol Espargaro (pole position) – Miguel Oliveira (pemenang)

6. MotoGP San Marino 2020: Maverick Vinales (pole position) – Franco Morbidelli (pemenang)

7. MotoGP Emilia Romagna 2020: Maverick Vinales (pole position) – Maverick Vinales (pemenang)

8. MotoGP Catalunya 2020: Franco Morbideli (pole position) – Fabio Quartararo (pemenang)

9. MotoGP Prancis 2020: Fabio Quartararo (pole position) – Danilo Petrucci (pemenang) {okezone}

69 Motor Tertinggal Saat Demo, Polisi Bakal Tilang Dan Denda Pemilik

Previous article

Wow! Indonesia Duduki Peringkat Pertama Kasus COVID-19 di Asia Tenggara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *