News  

Tingkatkan Semangat Literasi, 56 Kader IPNU IPPNU Ikut Pelatihan Jurnalistik NU Online

Program Pelatihan Jurnalistik tahun 2020 yang diselenggarakan oleh media NU Online Jawa Timur (Jatim) bagi kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) se – Jawa Timur.

Pelatihan yang dibuka Pimpinan Redaksi Media NU Online Jawa Timur, Syaifullah ini dipusatkan di Ruang Salsabila kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama’ (PWNU) Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/11/2020).

“Awalnya delegasi kader IPNU IPPNU Pelatihan Jurnalistik terbatas 30 kader, akan tetapi karena semangat literasi kader IPNU IPPNU sangat tinggi, akhirnya berakhir dengan diikuti 56 kader IPNU IPPNU se – Jatim,” ucap Ketua Panitia Pelaksana (Panlak) Pelatihan Jurnalistik Media NU Online Jatim, Savhira.

Savhira mengatakan, prosesi Pelatihan Jurnalistik diawali dengan pemberian motivasi menulis yang disampaikan oleh Moch Rofi’i Boenawi selaku Manager Media Nu Online Jatim.

“Selain itu, penyampaian materi tentang kepenulisan yang diberikan disampaikan langsung oleh Pemimpin Redaksi yaitu, Bapak Syaifullah,” tambahnya.

Dia juga menegaskan, tujuan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik ini adalah mencari kader–kader untuk khidmah di Media NU Online Jatim khususnya kader IPNU IPPNU se–Jatim dengan harapan setiap kader bisa mengawal pemberitaan di masing–masing daerah yang kemudian bisa menjadi ujung tombak dari pergerakan Media NU Online Jatim.

“Selain itu, salah satu manfaat menjadi seorang jurnalistik yang sangat menunjang adalah banyaknya relasi dan kerjasama serta hubungan baik yang di peroleh,” katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh kader IPNU IPPNU yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik dengan seksama dan menyerap pengetahuan yang telah di sampaikan, sehingga nantinya masing–masing kader IPNU IPPNU mampu mengembangkan diri yang berdaya saing, berprestasi aktif dalam pembangunan nasional.

“Kami juga membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) bagi kader IPNU IPPNU yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik yakni magang selama 3 (tiga) bulan dengan menerapkan Wotk From Home (WFH), teknisnya mengumpulkan artikel berita 15 (lima belas) atau 20 (dua puluh) tulisan setiap bulannya,” pungkasnya.

Pewarta: Indra Nurdien Hakim (PKPT IPNU IPPNU Khittah Wal Khidmah Universitas Negeri Malang asal daerah Kabupaten Mojokerto)