News  

Epidemiolog UI Pandu Riono Jagokan Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes Yang Baru

Sejumlah menteri dikabarkan bakal ikut dicopot Presiden Jokowi dalam reshuffle untuk mengganti posisi Mensos dan Menteri KP yang menjadi tersangka dugaan kasus korupsi.

Salah satunya adalah Menkes Terawan Agus Putranto. Isu pencopotan Terawan sebagai Menkes sebenarnya isu lama yang kembali bertiup seiring dengan wacana reshuffle kabinet.

Ahli wabah Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono, bahkan secara terang mendorong agar Terawan diganti oleh Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin.

“Budi layak jadi Menkes yang baru,” ucap Pandu Riono, melalui Twitter, Minggu (20/12).

Pandu menyebut Wamen BUMN itu punya visi dan semangat mengatasi pandemi corona secepatnya. Budi disebut kesal pada kinerja Kemenkes dan Satgas.

“Dia punya cita-cita 16 juta vaksinasi dilakukan sebulan,” ucap Pandu Riono.

“Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen dan sistem kesehatan publik yang lumpuh,” tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah sumber kumparan di parpol koalisi Jokowi menyebut kemungkinan Terawan bakal diganti. Isu liar soal siapa pengganti Terawan mulai bermunculan.

Salah satunya, Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu, di internal parpol pendukung Jokowi, juga muncul spekulasi bahwa Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjadi salah satu kandidat Menkes. Hasto Wardoyo memang seorang dokter.

Saat penyusunan menteri Jokowi di Kabinet Indonesia Maju tahun lalu, nama Hasto Wardoyo juga sempat mengemuka menjadi salah satu kandidat Menkes. {kumparan}