Tekno  

Digitalisasi Sektor Properti Selama Pandemi, Pameran Virtual Hingga Panduan Beli Rumah Online

Salah satu anak usaha PropertyGuru, Rumah.com, melaporkan bahwa sektor properti harus melakukan adaptasi dengan mengembangkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang selama pandemi COVID-19 yang semakin membutuhkan lingkungan lebih sehat, koneksi internet stabil dan ruangan untuk melakukan aktivitas, terutama bekerja dan belajar dari rumah.

Selain itu, sektor ini juga harus berinovasi dengan melakukan digitalisasi. Mulai dari pameran properti dan unit secara virtual sampai ke tahap transaksi pembelian yang terakhir.

Menurut Country Manager Rumah.com, Marine Novita, para pelaku industri properti harus melakukan adaptasi dan inovasi agar pemulihan bisa lebih cepat tercapai.

Sementara itu, lanjut Marine, bagi orangtua yang anak-anaknya sudah bersekolah, tahun depan akan dipenuhi ketidakpastian karena administrasi, daftar ulang dan pendaftaran sekolah tetap harus dilakukan, kendati kepastian berjalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka tergantung dari situasi dan kondisi terbaru pandemi COVID-19.

“Meskipun pemerintah telah mengisyaratkan akan memulai sekolah tatap muka bulan Januari 2021, namun pelaksanaannya tergantung kondisi penyebaran pandemi di daerah masing-masing.

Setiap keluarga harus bisa menyeimbangkan kebutuhan dana pendidikan dengan pos-pos lainnya seperti dana darurat dan tentunya tabungan untuk rencana membeli rumah,” kata dia, Rabu, 30 Desember 2020.

Karena, Marine menuturkan, melalui perencanaan keuangan yang baik bisa menjadi fondasi yang kuat bagi keuangan keluarga, apalagi jika sudah merencanakan untuk memiliki rumah.

“Kami menyajikan ulasan berbagai wilayah, tren kenaikan harga, dan panduan yang lengkap bagi keluarga yang sedang menyiapkan diri untuk membeli rumah.

Bahkan, bagi mereka yang merasa belum siap untuk membeli rumah, kami bisa membantu memahami di mana posisi mereka saat ini dan apa yang harus dilakukan lewat kalkulator keterjangkauan serta panduan seputar keuangan,” jelas Marine. {viva}