Hiburan

Sederet Selebritis Tanah Air Yang Meninggal Dunia Sepanjang Tahun 2020

0

Tahun 2020 diwarnai kabar duka dari dunia hiburan Tanah Air. Hal ini terkait kepergian sejumlah selebriti pada tahun ini.  Berikut ini adalah deretan selebriti Tanah Air yang meninggal dunia pada 2020.

1. Chris Pattikawa

Sutradara senior Chris Pattikawa, meninggal pada 1 Januari lalu. Suami dari aktris senior Rina Hasyim dan kakek dari Cantika Abigail, meninggal karena komplikasi penyakit jantung dan darah tinggi.

Jenazah Chris sempat disemayamkan selama lebih kurang tiga hari sembari menunggu kedatangan keluarga yang berada di Amerika Serikat. Barulah pada Sabtu (4/1), jenazah Chris dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

2. . Ria Irawan

Aktris Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Senin (6/1) pagi. Wanita kelahiran Jakarta ini mengembuskan napas terakhir di usia 50 tahun.

Sebelumnya, Ria memang lama berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya. Jenazah Ria Irawan kemudian dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

3. Ade Irawan

Ibunda Ria Irawan, Ade Irawan, meninggal dunia pada 17 Januari. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun karena komplikasi jantung dan paru-paru yang diidapnya selama ini.

Setelah disemayamkan rumah duka, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, jenazah Ade Irawan dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada 18 Januari. Ade dimakamkan satu liang dengan suaminya, Bambang Irawan, yang telah meninggal pada tahun 1979 silam.

4. Ashraf Sinclair

Aktor sekaligus suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada 18 Februari lalu. Ashraf mengembuskan napas terakhirnya pada usia 40 tahun karena serangan jantung.  Jenazah Ashraf dikebumikan di San Diego Hills, Karawang.

5. Glenn Fredly

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan, pada 8 April lalu. Glenn mengembuskan napas terakhir PADA usia 44 tahun karena sakit meningitis.  Pelantun lagu Cukup Sudah ini dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

6. Didi Kempot

Didi Kempot mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Surakarta, pada 5 Mei lalu. DidI meninggal dunia pada usia 53 tahun karena serangan jantung.

Jenazah Didi Kempot dimakamkan di TPU Desa Majasem yang terletak tak jauh dari kediamannya.

7. Adi Kurdi

Aktor senior Adi Kurdi mengembuskan napas terakhirnya pada 8 Mei lalu saat dirawat di RS PON, Cawang, Jakarta Timur. Dia meninggal dunia pada usia 71 tahun karena tumor otak yang dideritanya. Jenazah Adi Kurdi dikebumikan di lokasi yang tak jauh dari rumah duka.

8. Henky Solaiman

Aktor senior Henky Solaiman mengembuskan napas terakhir pada 15 Mei lalu. Sebelumnya, Henky sempat mengidap kanker usus.

Henky juga mengidap komplikasi penyakit setelah menjalani operasi pengangkatan tumor. Jenazah Henky dikremasi di Krematorium Oasis Lestari, Banten, pada 17 Mei.

9. Benny Likumahuwa

Musisi jazz senior, Benny Likumahuwa, meninggal dunia pada 9 Juni lalu. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 73 tahun.

Ayah dari Barry Likumahuwa ini meninggal dunia setelah sebelumnya berjuang melawan sakit yang diidapnya. Benny diketahui mengalami stroke ringan dan gagal ginjal. Bahkan, ia sudah cuci darah sejak Oktober 2018. Jenazah Benny dimakamkan di TPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan.

10. Papa T Bob

Pencipta lagu anak, Papa T Bob, meninggal dunia pada 10 Juli lalu. Papa T Bob mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit komplikasi yang dideritanya.

Jenazah Papa T Bob dimakamkan di Tempat Pemakaman Bukan Umum Jurang Mangu, Tangerang Selatan.

11. Omas

Komedian Omas meninggal dunia pada 16 Juli lalu. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Omas dikabarkan sudah lama sakit.  Jenazah Omas dimakamkan di pemakaman yang tak jauh dari kediamannya.

12. Barli Asmara

Desainer Barli Asmara mengembuskan napas terakhirnya pada 27 Agustus lalu di Bali. Barli meninggal dunia pada usia 42 tahun akibat penyakit lambung.

Sebelumnya, pria kelahiran 1978 itu dikabarkan sempat menjalani perawatan intensif selama beberapa minggu di rumah sakit. Jenazah Barli Asmara kemudian dimakamkan di sebuah TPU di daerah Seminyak, Bali, keesokan harinya.

13. Idan Separo

Pelawak Idan Separo meninggal dunia pada 2 September lalu. Sebelum meninggal dunia, Idan Separo dikabarkan sudah lama mengidap penyakit gula

Jenazah Idan dimakamkan di TPU Poncol, Bekasi Timur, Jawa Barat, Kamis, 3 September 2020.

14. Yopie Latul

Penyanyi Yopie Latul mengembuskan napas terakhirnya pada 9 September lalu. Sebelum berpulang, pelantun lagu poco-poco itu sempat dikabarkan terpapar COVID-19.

Yopie sempat dirawat di Rumah Sakit Sentra Medika, Cibinong, Jawa Barat. Keluarga sepakat untuk mengkremasi jenazah Yopie Latul. Setelahnya abunya dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

15. Ovie Artha

Ovie Artha meninggal dunia pada 28 September. Sebelum mengembuskan napas terakhir Ovi dikabarkan sudah sakit-sakitan selama setahun lalu.

Ya, Ovie dikabarkan memiliki riwayat penyakit jantung. Jenazah Ovie kemudian dimakamkan di kawasan Tangerang.

16. Gatot Brajamusti

Gatot Brajamusti meninggal dunia akibat penyakit stroke pada 8 November lalu. Gatot mengembuskan napas terakhirnya di IGD Rumah Sakit Pengayoman, Jakarta Timur.

Pihak keluarga pun langsung membawa jenazah Gatot ke Sukabumi, Jawa Barat untuk dimakamkan. Jenazah Gatot dimakamkan di TPU Cikiray Kidul, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

17. Dylan Sada

Model asal Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, Dylan Sada, mengembuskan napas terakhir pada 9 November lalu. Perempuan kelahiran 28 Mei 1984 tersebut meninggal dunia di sebuah rumah di Jalan Congress, New Orleans.

Jenazah Dylan dimakamkan di sebuah kawasan di pinggiran New Orleans. Hal ini merupakan kesepakatan dari pihak keluarga mengingat Dylan sudah tinggal di Amerika selama bertahun-tahun.

18. Melisha Sidabutar

Salah satu finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Melisha Sidabutar, meninggal dunia pada 8 Desember lalu. Melisha mengembuskan napas terakhir pada usia 19 tahun.

Jenazah Melisha dimakamkan di TPU Pedurenan, Bekasi, Jawa Barat, pada 10 Desember silam. Sebelum berpulang, Melisha memang dikabarkan sempat mengalami pembengkakan di Jantung.

Namun sang Ayah, Mounstar Sidabutar, justru menilai bahwa putrinya sempat kelelahan karena mengikuti audisi Indonesian Idol.

19. Rama Aiphama

Penyanyi senior Rama Aiphama meninggal dunia pada 11 Maret lalu. Pelantun lagu Dinda Bestari itu mengeluhkan penyakit lambung jelang akhir hayatnya.
Jenazah Rama dimakamkan di TPU Al Muchdar, Cimanggis.

20. Purwaniatun

Pesinetron Purwaniatun atau yang akrab disapa Mbok Pur meninggal dunia di usia 67 tahun pada 23 Maret lalu. Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan.

Menurut Gia, cucunya, Purwaniatun didiagnosis mengidap kanker rahim. Sebulan setelah mengetahui diagnosis tersebut, almarhumah kemudian menjalani operasi pengangkatan rahim agar sembuh dari penyakitnya.

Usai menjalani operasi, Purwaniatun sempat sadar selama dua hari. Setelah itu, kondisinya memburuk hingga pada akhirnya meninggal dunia.
Jenazah Purwaniatun dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

21. Budi Padukone

Gitaris OM PMR, Budi Padukone, meninggal dunia pada 5 Oktober lalu. Ia mengembuskan napas terakhir karena penyakit asam lambung.

Jenazah Budi Padukone dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Radio Dalam, Jakarta Selatan.

22. Oding Nasution

Musisi Oding Nasution meninggal dunia pada 27 Februari lalu. Oding mengembuskan napas terakhirnya pada usia 65 tahun.

Teman sesama musisi, Kadri Mohamad, mengatakan Oding sudah sakit selama kurang lebih 4 tahun. Oding ada gagal ginjal dan komplikasi.
Jenazah Oding Nasution dimakamkan di TPU Karet Bivak.

23. Johny Indo

Aktor lawas Johanes Hubertus Eijkenboom alias Johny Indo (71), meninggal dunia pada 26 Januari lalu.  Sebelum mengembuskan napas terakhir, Johny sempat menjalani operasi hernia.

Jenazah Johny dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Selapajang Jaya Neglasari Kota Tangerang.

24. Mila Karmila

Aktris senior, Mila Karmila, meninggal dunia pada 5 Maret lalu.  Bintang film yang populer di tahun 1960-an tersebut meninggal pada usia 77 tahun.

25. Naniel Yakin

Naniel Yakin, pencipta lagu Bento, meninggal dunia pada 21 Februari lalu. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 67 tahun.

Naniel meninggal karena penyakit komplikasi yang dideritanya sejak beberapa tahun terakhir. Jenazahnya dimakamkan di TPU Jombang Keramat, Bintaro, Tangerang Selatan.

26. Connie Mamahit

Penyanyi berdarah Manado, Connie Mamahit, meninggal dunia pada 27 Mei lalu.

Ia meninggal dunia di RSUP Prof Kandou Manado, Sulawesi Utara. Connie Mamahit meninggal karena penyakit kanker payudara yang telah dideritanya sejak beberapa tahun terakhir.

27. Gatot Soenjoto

Seniman boneka Tongki, Gatot Soenjoto, meninggal dunia pada usia 80 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir pada 12 September lalu.

Semasa hidupnya, Gatot dikenal sebagai seorang ventriloquist yang andal. Di era ’80-an, ia terkenal berkat boneka Tongki yang biasa menjadi hiburan anak-anak. Di masa tua, Gatot terus menjadi mentor bagi banyak ventriloquist Indonesia.

28. Ade Firman Hakim

Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia pada 14 September lalu. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 31 tahun.
Menurut sang adik, Dai Tirta, kondisi Ade menurun seminggu sebelum meninggal dunia.

29. Lina Jubaedah

Mantan istri komedian Sule Lina Jubaedah meninggal dunia pada 4 Januari lalu. Istri dari Teddy Pardiana itu meninggal karena penyakit lambung.

Rizky Febian, anak sulung Lina dalam pernikahannya dengan komedian Sule, sempat melapor ke pihak kepolisian atas kejanggalan kematian sang ibu. Namun hasil autopsi menunjukkan tak ada tanda-tanda bekas kekerasan dan keracunan di tubuh Lina.

Jenazah Lina sempat dimakamkan di area makam keluarga Teddy di Pemakaman Keluarga (Astana Kecil), Jalan Sekelimus Utara I Nomor 25, Bandung, Jawa Barat. Setelah proses otopsi, jenazah Lina dipindahkan ke TPU Nagrog, Ujungberung, Bandung.

30. Erwin Prasetya

Mantan pemain bas Dewa 19, Erwin Prasetya, mengembuskan napas terakhirnya pada 2 Mei lalu. Ia meninggal dunia karena pendarahan di lambung. Jenazah Erwin dimakamkan di TPU Keputih Surabaya.

31. Abi Cancer

Aktor Abi Cancer mengembuskan napas terakhirnya pada 22 Maret lalu. Abi meninggal pada usia 44 tahun akibat serangan jantung.
Jenazah Abi dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur. {kumparan}

Pendiri Youtube, Steve Chen Banting Setir Rintis StartUp Hedge Fund

Previous article

Persija Posisi Ketiga, Tractor Sazi FC Klub Bola Terpopuler Asia Versi Polling AFC

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *