Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc Positif Terpapar COVID-19

Wabah Covid-19 kembali menjamah Formula One (F1). Kali ini, pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dalam keterangan tertulis, ia mengaku menderita gejala ringan.

Seperti diketahui, empat pembalap F1 sejauh ini pernah terjangkit Covid-19. Yang pertama adalah Sergio Perez pada Juli 2020. Pembalap berikutnya adalah Lance Stroll pada Oktober. Juara dunia Lewis Hamilton juga positif Covid-19 pada November 2020.

Belum lama ini, andalan McLaren Lando Norris dinyatakan positif Covid-19 saat berlibur di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pria asal Inggris itu tengah menjalani isolasi mandiri di sana.

Charles Leclerc juga sempat berlibur di Dubai dan kini sudah kembali ke Monaco. Ia diminta untuk ikut tes usap karena pernah berkontak erat dengan penderita Covid-19. Hasil tes menunjukkan pembalap berusia 23 tahun itu positif virus Corona.

“Saya ingin memberi tahu kalian semua bahwa saya positif Covid-19. Saya dites secara reguler sesuai protokol dari tim. Sayangnya, saya melakukan kontak erat dengan penderita dan langsung menjalani isolasi mandiri dan memberi tahu semua yang pernah bertemu,” ujar Charles Leclerc, (15/1/2021).

“Tes berikutnya yang saya ikuti, menyatakan positif Covid-19. Saya merasa baik-baik saja dan hanya mengalami gejala ringan. Saya akan tetap menjalani isolasi mandiri di Monaco sesuai dengan regulasi yang dirancang otoritas kesehatan setempat. Tetap berhati-hati,” imbuh pembalap asal Monaco itu.

Dengan begitu, Charles Leclerc menjadi pembalap kelima di grid F1 yang positif terpapar Covid-19. Beruntung, tidak ada aktivitas yang melibatkannya dalam waktu dekat. Sebab, F1 masih masuk dalam jeda musim dingin.

Scuderia Ferrari sendiri saat ini tengah disibukkan dengan persiapan menyambut musim baru. The Prancing Horse kedatangan awak baru, yakni Carlos Sainz Jr, dari McLaren. Pembalap asal Spanyol itu sedang berada di Maranello guna melakukan persiapan akhir.

“Menjadi pembalap Ferrari adalah impian setiap pembalap. Ketika mendapat tawaran, tentu sangat sulit untuk berkata tidak,” ucap Carlos Sainz Jr.

“Saya selalu nyaman bersama tim asal Italia. Saya tahu bahasa Italia dan selain itu, membalap untuk tim paling sukses dalam sejarah olahraga ini adalah impian setiap pembalap F1,” tegas pembalap berusia 26 tahun tersebut. {okezone}