News  

Listyo Sigit Prabowo Ingin Warga Dapat Pelayanan Polri Semudah Pesan Pizza

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyampaikan salah satu programnya ke depan yakni mempermudah akses masyarakat untuk mendapat pelayanan Polri.

Listyo berniat menata kembali layanan darurat kepolisian atau hotline dengan pemberlakuan nomor tunggal secara nasional dalam rangka merespons cepat aduan masyarakat.

“Jadi diharapkan ke depan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza,” kata Listyo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

Listyo menjelaskan, nomor tunggal ini akan terkoneksi dengan sistem panic button maupun dengan mobil patroli. Setelah itu, setiap anggota polisi yang berada di lokasi terdekat dengan masyarakat atau pelapor bisa segera merespons.

Menurut Listyo, hal ini merupakan bentuk respons cepat petugas kepolisian terhadap masyarakat yang membutuhkan kehadiran Polri. Dia ingin jajaran kepolisian benar-benar hadir untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan dengan cepat.

Rencana itu akan dilakukan secara bertahap yang diikuti dengan penguatan peralatan yang dimiliki oleh kepolisian.

“Sesuai karakteristik kerawanan daerah, bagaimana di daerah konflik, rawan bencana, kepulauan perbatasan dan lain-lain yang memiliki karakteristik wilayah yang butuh sarana dan prasarana yang berbeda dengan wilayah yang lebih aman,” ujarnya.

Listyo merupakan calon Kapolri tunggal yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal memasuki masa purna tugas pada akhir Januari 2020. Nama Listyo sebagai calon Kapolri resmi diusulkan Jokowi ke DPR pada Rabu (13/1). {CNN}