Sempat Viral Oleh Ade Londok, Nasib Odading Mang Oleh Kini Bikin Prihatin

Pada September 2020 lalu, Odading Mang Oleh mendadak menggema di media sosial hingga diburu banyak pembeli. Bahkan, gaya bahasa yang terbilang unik dari penjualnya menjadi pembahasan publik hingga ke pelosok Tanah Air.

Namun, belakangan ini, seorang kreator TikTok @karimawrs membagikan potret terbaru Odading Mang Oleh yang berada di Jalan Baranangsiang, Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, yang terlihat sepi pembeli.

“Sekarang apa kabar yah masih ramai nggak ya tempatnya. Sekarang sepi. Yuk, buat yang belum pernah coba, sekarang bisa nggak perlu antre panjang,” bunyi tulisan di video tersebut.

Pemandangan berbeda terlihat jelas di video itu jika dibandingkan pada September lalu yang terbilang sangat ramai. Bahkan, saking membeludaknya, para pembeli harus mengantre panjang demi membeli Odading Mang Oleh tersebut.

Akan tetapi, kini, Odading Mang Oleh yang sempat viral karena sosok Ade Londok tersebut seakan hanya tinggal kenangan. Di video itu, tampak hanya satu orang saja yang membeli makanan khas bandung itu.

Potret tersebut sangat berbeda jauh dengan tahun lalu yang diburu oleh banyak pembeli. Namun, sejak adanya kasus Ade Londok dengan pelawak senior di sebuah televisi swasta, bisnis kuliner tersebut terkena imbasnya.

Oleh karena itu, sejak dibagikan di media sosial, para warganet merasa prihatin dengan bisnis kuliner yang sempat viral tersebut.

Di sisi lain, mereka juga menduga penyebab sepinya pembeli Odading Mang Oleh disebut-disebut karena kasus Ade Londok dengan pelawak senior di sebuah acara lawak di televisi swasta.

“Sesuatu yang viral dengan cepat tidak akan bertahan lama tanpa adanya kreativitas,” tulis @darmansyahslalume.

“Jika attitude nggak dijaga, nggak dikontrol, begini akibatnya. Mungkin bukan Ade Londok saja bahkan artis ternama yang mempunyai bisnis di luar syuting bisa seperti ini,” sahut @alajaokey.

Sementara itu, video yang dibagikan pada Jumat (22/1/2021) ramai dibahas warganet dan telah ditonton 1 juta orang hingga disukai sebanyak 64.200 pengguna TikTok. {kumparan}