Daftar Wakil Pebulutangkis Indonesia di Semi Final BWF World Tour Finals 2020

Pertandingan penyisihan grup BWF World Tour Finals 2020 telah rampung digelar. Dari lima wakil, Indonesia hanya bisa meloloskan satu pemain ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2020.

Satu wakil tersebut ialah ganda putra kebanggaan Indonesia, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ahsan/Hendra memastikan diri lolos ke babak semifinal usai merebut kemenangan di partai ketiga atau pamungkas penyisihan grup BWF World Tour Finals 2020.

Berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Ahsan/Hendra menang setelah bertarung tiga set dengan skor 18-21, 21-17, dan 21-11. Pasangan berjuluk The Daddies itu pun total mengemas dua kemenangan selama babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2020.

Kemenangan lainnya didapat atas Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) dengan skor 21-18, 15-21, dan 21-17. Sementara satu laga lainnya, yakni menghadapi Choi Solgyu/Seo Seung Jae (Korsel) harus berakhir dengan kekalahan untuk Ahsan/Hendra. Mereka tumbang dengan skor 19-21 dan 16-21.

Di babak semifinal, Ahsan/Hendra pun telah dinanti lawannya. Mereka akan menghadapi wakil Korsel, yakni Choi Solgyu/Seo Seung Jae.

Jejak manis Ahsan/Hendra untuk melenggang ke babak semifinal sayangnya tak bisa diikuti oleh empat wakil lain dari Indonesia. Dua wakil di ganda campuran, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, harus tersingkir dari ajang ini.

Praveen/Jordan gagal melaju ke babak semifinal usai kalah dari Seung Jae Seo/Yujung Chae (Korsel) di partai pamungkas Grup A dengan skor 10-21 dan 13-21. Dengan begitu, Praveen/Jordan hanya mengemas satu kemenangan di babak penyisihan grup ini.

Begitu juga dengan Hafiz/Gloria yang kandas di babak penyisihan grup setelah tumbang dari Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie di partai pamungkas Grup B. Laga berakhir dengan skor 21-17, 13-21, dan 13-21.

Dua wakil lain Indonesia yang gagal menembus babak semifinal ialah Anthony Sinisuka Ginting dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Anthony sudah dipastikan gagal lolos ke babak semifinal sejak kalah di partai kedua penyisihan Grup A.

Anthony kalah di tanga Viktor Axelsen (Denmark) dan juga Chou Tien Chen (Taiwan) pada babak ini. Tetapi di laga pamungkas, ia berhasil memenangi laga kontra Lee Zii Jia (Malaysia) dengan skor 21-12, 15-21, dan 21-13.

Sementara Greysia/Apriyani, mereka gagal melenggang ke semifinal setelah kalah di partai terakhir Grup A. Menghadapi wakil Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, Greysia Apriyani kalah dengan skor 13-21 dan 17-21. Hasil ini membawa Greysia/Apriyani hanya menempati urutan ketiga di klasemen akhir Grup A. {okezone}