Tekno

Ini Operator Terbaik di Indonesia Menurut OpenSignal

0

Firma riset yang memetakan jaringan internet global, OpenSignal, kembali mengumumkan operator seluler terbaik di Indonesia. Survei mencakup sejumlah kategori mulai dari pengalaman video dan aplikasi suara, kecepatan unduh dan unggahan, ketersediaan dan cakupan 4G, dan pengalaman game.

OpenSignal menganalisis pengalaman jaringan seluler di Indonesia dengan melibatkan lima operator seluler, di antaranya Hutchison 3 Indonesia (Tri), Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren.

Survei dilakukan selama 90 hari mulai dari 1 Agustus 2020, baik secara nasional maupun di 28 kota besar Indonesia.

Secara keseluruhan, Telkomsel masih mengungguli sebagian besar kategori yang diriset OpenSignal. Adapun kategori yang mereka ungguli antara lain pengalaman video, kecepatan unduhan, kecepatan unggahan, dan pengalaman cakupan 4G.

Dengan capaian ini, Telkomsel kembali mendominasi penghargaan pengalaman jaringan seluler untuk Indonesia, memenangkan dua kali lipat dari jumlah penghargaan kompetitornya.

“Dari lima operator nasional, dua operator gagal memenangkan penghargaan, dan hanya Tri dan Telkomsel yang memenangkan lebih dari satu penghargaan,” tulis OpenSignal dalam situs web resminya.

Kendati Telkomsel unggul dalam pengalaman video, namun menurut laporan OpenSignal keempat operator lain juga mengalami peningkatan nilai dalam kategori ini. Seperti Tri dan Indosat yang awal penilaian ada di level Fair meningkat menjadi Good, sejajar dengan Telkomsel.

Sementara dalam kategori pengalaman game, Tri keluar sebagai pemenang, bersaing ketat dengan Telkomsel yang berada di urutan kedua. Tri juga menjadi operator terbaik dalam pengalaman suara. Sedangkan Smartfren berhasil menduduki posisi pertama dalam kategori ketersediaan 4G.

Menurut OpenSignal, pemberlakuan lockdown karena pandemi corona yang memaksa orang diam di dalam rumah turut memengaruhi hasil survei pengalaman seluler kali ini. {kumparan}

Bantah Jokowi, TB Hasanuddin: Tidak Ada Pasal Karet Dalam UU ITE

Previous article

9 Tahun Alami KDRT, Nindy Ayunda Akhirnya Buka Suara dan Lapor Polisi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *