Kader Muda Golkar Apresiasi Program 30 Gang Hijau di Jakarta Selatan

Gang Hijau

Kader muda Golkar Jakarta, Achmad Annama Chayat mengapresiasi rencana Pemerintah Daerah Kota Jakarta Selatan yang akan mengembangkan Gang Hijau di 30 lokasi.

 

“Ini gagasan yang luar biasa. Artinya aka nada 30 titik penghijauan di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Saya yakin ini akan memberikan banyak efek positif bagi masyarakat,” kata Annama dengan antusias.

 

Menurut Annama, setidaknya akan ada 3 manfaat dari program ini, dari segi lingkungan hidup, wisata dan ekonomi.

 

“Masyarakat di sekitar Gang Hijau setidaknya akan mendapat 3 manfaat langsung dari program ini. Sebagai sumber oksigen tentu membuat lingkungan makin segar. Sebagai destinasi wisata untuk edukasi pelajar maupun rekreasi keluarga. Dan dari segi ekonomi, masyarakat dapat menanam sayur, buah maupun tanaman obat yang dibutuhkan,” ujar Wasekjen PP AMPG ini.

 

Annama menerangkan, selain mempopulerkan Urban Farming atau pertanian di kota besar, program ini dapat merintis Vertiminaponik atau paduan budi daya sayuran dengan ikan.

 

“Urban Farming tentu, bagaimana warga kota menyiasati lahan sempit menjadi produktif dengan sayur-mayur dan buah-buahan. Tapi juga memadukan budi daya ikan dengan sayuran yang dikenal sebagai Vertiminaponik. Artinya, satu lagi sumber gizi warga dapat terpenuhi” pungkas Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI; Mahyudin ini.

 

Seperti diketahui, Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, berencana mengembangkan program Gang Hijau di 30 lokasi yang tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Selatan tahun 2018 ini.

 

“Program Gang Hijau ini adalah pengembangan dari pertanian perkotaan atau urban farming. Saya akan terus mendorong setiap wilayah di Jakarta Selatan membuat Gang Hijau,” kata Tri Kurniadi, Kamis (1/2/2018).