All England 2021 Kacau Sebelum Mulai, 7 Partisipan Dari 3 Negara Positif COVID-19

Turnamen bulu tangkis tertua di dunia, All England 2021 akan segera berlangsung di Birmingham, Inggris pada 17-21 Maret 2021. Sayangnya, kekacauan melanda turnamen berlevel Super 1000 sebelum turnamen dimulai.

Menurut pernyataan resmi dari PBSI pada Rabu (17/3/2021) dini hari WIB, beberapa atlet atau pelatih terindikasi terpapar positif Covid-19. Sejumlah partisipan tersebut datang dari tiga negara yakni India, Thailand, dan Denmark.

“Hasil manager meeting hari ini hanya menyampaikan informasi mengenai beberapa atlet/pelatih (India, Thailand, Denmark) yang terindikasi Covid-19,” tulis pernyatan PBSI melalui akun Twitter resminya.

Berdasarkan laporan dari media Denmark yakni Sport TV2, ada tujuh orang yang dinyatakan positif Covid-19. Hal ini pun membuat panitia penyelenggara dan otoritas kesehatan Inggris akan mengkaji ulang tentang hasil tes para partisipan yang terindikasi positif virus Corona.

Salah satu partisipan yang diketahui terpapar virus Corona adalah asisten pelatih Denmark, Thomas Stavngaard. Ia dinyatakan positif lewat hasil tes pertama pada saat kedatangan mereka di Birmgingham, Inggris.

Situasi tersebut membuat para pemain Denmark terancam absen pada ajang All England 2021. Sebab, mereka dianggap memiliki kontak dekat dengan Stavngaard ketika berada satu pesawat dengan sang asisten pelatih.

Namun, kubu Denmark sendiri tidak dapat memahami bagaimana Stavngaard bisa terpapar Covid-19. Pasalnya, ia telah melewati empat tes dalam 14 hari dan seluruh skuad Denmark mendapatkan hasil tes negatif.

Meski begitu, panitia penyelenggara dan otoritas kesehatan Inggris akhirnya memutuskan untuk mengadakan tes ulang kepada mereka yang terindikasi positif Covid-19. Nantinya jika hasil tes baru tetap dinyatakan positif, maka ada konsekuensi bagi mereka yang didefinisikan sebagai kontak dekat.

“Kami telah menerima pesan bahwa ada banyak hasil tes yang tidak teratur, jadi orang-orang itu sekarang dites lagi,” ucap Manajer Olahraga Badminton Denmark, Jens Meibom, melansir dari Sport TV2.

Sementara itu, skuad Indonesia yang berlaga di All England 2021 telah dinyatakan negatif Covid-19. Bahkan sejak Senin 15 Maret 2021, mereka telah diizinkan untuk menjalani sesi latihan. {okezone}