Final All England 2021: Jepang Borong 4 Gelar, Malaysia Kebagian 1 Gelar

Jepang tampil sebagai juara umum di ajang All England 2021 yang berlangsung di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, pada Minggu (21/3/2021). Negeri Matahari Terbit itu membawa pulang empat gelar juara dari lima nomor yang dipertandingkan.

Keempat gelar Jepang diraih dari nomor tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Sementara satu titel di nomor tunggal putra menjadi milik wakil Malaysia yakni Lee Zii Jia.

Sebelum laga final dimulai, Jepang sendiri sejatinya telah memastikan tiga gelar. Ketiga gelar tersebut diraih di nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Ketiga nomor tersebut memainkan All Japan Final.

Sementara gelar keempat Jepang diraih dari nomor tunggal putri lewat Nozomi Okuhara. Unggulan kedua tersbut berhasil memenangkan titel All England 2021 usai menaklukkan Pornpawee Chochuwong asal Thailand dengan skor 21-12 dan 21-16.

Gelar ganda putra sendiri diraih Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Pasangan unggulan empat itu berhasil mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam pertarungan tiga set dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-11.

Pada nomor ganda putri, gelar berhasil diamankan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Mereka berhasil rekannya yang merupakan unggulan pertama, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dengan dua set langsung 21-18 dan 21-16.

Lalu pada nomor ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino sukses mengamankan gelar. Mereka mengandaskan rekannya yang membuat kejutan di turnamen ini, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dengan skor 21-14 dan 21-13.

Pada nomor tunggal putra, Lee Zii Jia sukses menaklukkan Viktor Axelsen untuk memenangkan gelar All England. Lewat pertarungan sengit, Lee menang dengan skor 30-29, 20-22, dan 21-9.

Lee pun menjadi pemain tunggal putra Malaysia kedua yang memenangkan All England di era Superseries setelah Lee Chong Wei.

Terlepas dari itu, keberhasilan Jepang dalam mendominasi gelaran All England 2021 pun sangat membanggakan. Bahkan pebulut tangkisnya yakni Yuta Watanabe berhasil membuat rekor.

Pemain berusia 23 tahun itu berhasil menyamai rekor pemain Korea Kim Dong Moon yang menjuarai All England di dua nomor berbeda yakni ganda putra dan ganda campuran. Kim Dong Moon pun melakukan hal tersebut pada 2000 dan 2002. {okezone}