Taklukkan Viktor Axelsen, Pebulutangkis Malaysia Lee Zii Jia Juara All England 2021

Tunggal putra asal Malaysia, Lee Zii Jia, tampil sebagai juara All England 2021.Lewat perjuangan keras, Lee berhasil menumbangkan unggulan dua asal Denmark Viktor Axelsen di partai pamungkas.

Bermain di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu (21/3/2021) malam WIB, pemain berusia 22 tahun itu sukses menaklukkan Axelsen dengan skor ketat 30-29, 20-22, dan 21-9. Kemenangan terasa dramatis karena kedua pemain sama-sama ngotot untuk memenangkan pertandingan.

Persaingan sengit tercipta di sepanjang laga. Pada set pertama, Lee dan Axelsen saling kejar-kejaran angka. Lee pun mampu memimpin interval set pertama dengan skor 11-10. Namun begitu, hal itu tak membuat Lee langsung unggul jauh.

Keduanya tetap bermain sengit hingga kedudukan 19-19 dan kemudian terjadi deuce 20-20. Permainan pun semakin menegangkan ketika keduanya terus bermain imbang hingga skor 29-29. Pada skor penentuan tersebut, Lee tampil lebih tenang dan memenangkan poin 30-29.

Laga pun berlanjut ke set kedua. Sama seperti set pertama, pertandingan berlangsung sengit. Permainan panjang terjadi dalam laga ini, di mana kedua pemain memamerkan performa yang menawan. Namun, lagi-lagi keduanya saling kejar-kejaran angka.

Kedudukan imbang bahkan terjadi pada posisi 19-19. Namun, kali ini Axelsen tampil lebih tenang dan meminimalisir kesalahan sendiri. Akhirnya set kedua pun berhasil dimenangkan Axelsen dengan skor 22-20 sekaligus memperpanjang napas untuk melanjutkan ke set ketiga.

Pada set penentuan, pertandingan sengit kembali terjadi. Tetapi, Lee kali ini mampu membuat jarak dengan unggul 11-5 di interval set ketiga. Berbekal kepercayaan diri tinggi, Lee pun akhirnya berhasil melibas Axelsen di set penentuan dengan skor 21-9.

Kemenangan Lee pun terasa mengejutkan tetapi ia memang terbukti menjadi salah satu kuda hitam yang kuat. Sebab perjuangan Lee di All England 2021 begitu luar biasa. Pada perempatfinal saja, ia sukses menjungkalkan unggulan pertama sekligus peringkat satu dunia asal Jepang, Kento Momota.

Kali ini di partai pamungkas, ia pun sukses mengandaskan perlawanan Axelsen yang merupakan juara bertahan. Lee pun menjadi satu-satunya wakil non-Jepang yang sukses keluar sebagai juara di All England 2021.

Sementara Jepang sendiri telah memastikan diri memboyong empat gelar di tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Sedangkan wakil Indonesia batal tampil setelah dipaksa mundur dari All England 2021. {okezone}