News  

Akun IG Ustadz Abdul Somad Sudah Bisa Diakses Lagi

Ustadz Abdul Somad Akses IG Instagram

Akun Instagram resmi Ustadz Abdul Somad @ustadzabdulsomad (official), yang diblokir, Sabtu (24/2/18) malam, akhirnya telah bisa diakses lagi. Akun IG milik dai kondang ini telah bisa sejak Minggu (24/2/18) sore. Ketika dicoba buka pada Minggu malam, terlihat ada pertambahan sekitar 100 ribu pengikut (follower).

Saat membuka akun Ustadz Somad, Minggu pagi, tertulis “Maaf, halaman ini tidak tersedia. Tautan yang Anda ikuti mungkin telah rusak, atau halaman telah dihapus. Kembali ke Instagram.” Sementara saat akun ini sudah bisa diakses kembali Minggu malam, jumlah pengikutnya bertambah menjadi 1,6 juta. Artinya ada pertambahan sekitar 100 ribu follower.

Hingga akun ini bisa diakses kembali, belum ada keterangan resmi pihak Instagram mengenai penyebab pemblokiran akun milik Ustadz kelahiran Pekanbaru, Riau, 18 Mei 1977 ini. Juga belum ada pihak maupun individu yang secara terbuka mengaku melaporkan akun Ustadz Abdul Somad sehingga memungkinkannya diblokir.

Namun, warganet menduga pemulihan akun Ustadz Abdul Somad ini karena maraknya reaksi yang memprotes tindakan pemblokiran terhadap akun sang pendakwah ini. Tak sedikit warganet yang memprotes pihak Instagram dan mempertanyakan apa kesalahan yang telah diperbuat sang ustaz.

Sejumlah tokoh juga ikut bereaksi karena tidak bisa di aksesnya akun Ustadz Somad yang selama ini menjadi media sosial untuk menyampaikan dakwah kepada umat Islam di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Di antara tokoh yang mempertanyakan pemblokiran akun tersebut adalah, Wali Kota Bandung nonaktif Ridwan Kamil (Kang Emil) yang mempunyai 7,7 juta pengikut di Instagram, serta Ustaz Felix Siauw yang mempunyai 1,7 juta follower.

Dikutip dari Tribun Lampung, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta agar Komisi I memanggil Instagram untuk minta penjelasan. Namun, Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mendorong agar Kominfo yang turun tangan.

Dikutip dari Viva.co.id, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan jika Pemerintah tidak pernah meminta Instagram untuk suspend akun milik ustadz Abdul Somad. “Saya dan teman-teman di Kominfo tidak pernah meminta Instagram untuk suspend atau takedown akun itu (ustaz Abdul Somad),” ujar Rudiantara saat wawancara di tvOne, Minggu, (25/2/2018).

Rudiantara menjelaskan, awalnya dia tidak mengetahui mengenai kabar pemblokiran akun tersebut. Dia tahu dari banyaknya wartawan yang meminta klarifikasi terhadapnya.

Rudi juga meminta pihak dari ustadz Abdul Somad untuk mengecek terlebih dahulu permasalahannya. “Saya mohon juga teman-teman semua, jangan belum apa-apa ke kiri ke kanan. Kalau ada ragu-ragu lebih baik tabayyun daripada bikin statmen ke kiri kanan malah bikin kisruh,” kata dia.

Seperti diketahui, akun instagram @ustadzabdulsomad sempat kena suspend selama Sabtu malam hingga Minggu siang. Namun pada Minggu sore, akun tersebut sudah kembali normal. Saat memberikan ceramah dalam program Damai Indonesiaku tvOne pada Minggu siang, ustaz Somad menjelaskan secara santai.

“Itu bukan enggak ikhlas, tapi enggak ada penjelasan. Mengapa mesti di-banned, kenapa mesti dihilangkan. Oh mungkin ternyata ustadz Somad ini ngomongnya enggak benar, nah enggak benarnya di mana,” kata Ustadz Somad hari ini, Minggu 25 Februari 2018.