News  

Gubernur Anies Tolak Pecinan Diubah Jadi China Town

pecinan anies baswedan

Kawasan Petak Sembilan di Glodok Jakarta Barat sudah sejak lama dikenal sebagai kawasan Pecinan Jakarta. Potret kehidupannya tak pernah lepas dengan aktivitas perdagangan dan masyarakat Tionghoanya. Inilah yang membuat Gubernur Anies Baswedan lebih memilih nama Pecinan, ketimbang sebutan China Town

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Festival Pecinan di Jalan Pancoran, Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat pada Sabtu 3/4/2018.

“Saya usul nama Pecinan jangan diubah, jangan buru-buru diganti jadi China Town, karena nama  itu nama yang khas dan menunjukan tradisi yang telah lama menggakar, ” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu .

Selain itu Anies berencana ingin mendorong kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi tujuan wisatawan, saat perhelatan akbar Asian Games digelar.

”Kita ingin mendorong kawasan Pecinan ini sebagai salah satu destinasi wisata, nantikan pas Asian Games banyak turis berdatangan nah, mereka juga supaya datang kemari” tambahnya.

Selain itu Anies juga ingin nama kampung seperti Pekojan yang merupakan pemukiman Arab juga tetap dipertahankan sebagai bentuk identitas budaya.