Insiden Tahun Lalu di Sirkuit Jerez Bakal Hantui Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2021

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, akan kembali menunjukkan kemampuannya setelah melakoni comeback di MotoGP Portugal. Kali ini, Sirkuit Jerez, Spanyol akan menjadi saksi kedua bagi Marquez untuk tampil di lintasan balap pascaabsen berkepanjangan.

Jika berbicara soal catatan, Marquez sendiri seharusnya bisa menaklukkan sirkuit sepanjang 4,424 km tersebut. Terhitung, pembalap berpaspor Spanyol itu telah mengoleksi tiga kemenangan yang diraih di 2014, 2018, dan 2019.

Akan tetapi, catatan itu menjadi sirna jika berbicara pada musim lalu. Sebab di tempat yang sama, tetapi pada tahun yang berbeda, tepatnya pada 19 Juli 2020, Marquez mengalami nasib mengerikan di Sirkuit Jerez.

Pada balapan yang merupakan seri perdana MotoGP 2020 tersebut, Marquez mengalami kecelakaan hingga akhirnya mematahkan humerus lengan kanannya. Tak main-main, cedera tersebut kemudian membuat Marquez harus keluar dari jalur balapan selama sembilan bulan.

Karena itu, Marquez bisa saja dihadapkan pada rasa trauma ketika akan tampil di MotoGP Spanyol 2021. Sebab, itu adalah pengalaman yang sangat menyakitkan bagi The Baby Alien –julukan Marquez– yang tentunya tidak ingin terulang lagi.

Bahkan lewat kecelakaan tersebut, Marquez kini sedikit lebih berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan. Termasuk ketika ia hendak menjalani balapan comeback yang sedianya bisa terjadi di Qatar pada bulan lalu.

Akan tetapi, setelah berbagai pertimbangan dan saran dokter, Marquez akhirnya baru kembali ke MotoGP pada seri ketiga, di Portugal. Lalu, setelah Portugal pun, dokter menyarankan Marquez untuk beristirahat.

Bahkan, ia tidak diperbolehkan untuk mengendarai motor atau pun melakukan aktivitasi gym berat jelang MotoGP Spanyol 2021. Karena itu, Marquez benar-benar menjalani program pemulihan yang sangat ketat demi menjaga kebugarannya di Sirkuit Jerez tahun ini.

Meski secara fisik, Marquez belum pulih benar, tetapi ia diprediksi masih akan mampu menunjukkan level terbaiknya di MotoGP Spanyol 2021. Balapan comeback-nya di Portugal telah menjadi bukti bahwa Marquez masih tetap berbahaya walau tidak dalam kondisi terbaik.

Hanya saja, Sirkuit Jerez telah memberi sisi gelap tersendiri bagi Marquez. Mungkin saja kecelakaan pada musim lalu akan menghantui performa pembalap berusia 28 tahun itu dengan bertindak sangat hati-hati. {okezone}