News  

Benda Misterius Jatuh di Perairan Situbondo, Polisi Bantah UFO LAPAN Sebut Balon Udara

Sebuah video yang memperlihatkan benda misterius jatuh di perairan Situbondo, Jawa Timur, viral di media sosial. Belum diketahui itu benda apa. Polisi memastikan benda tersebut bukanlah UFO (unidentified flying object).

Sementara pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) menduga benda yang jatuh itu merupakan balon udara.

“Gambarnya tidak jelas. Balon udara jatuh bisa jadi, karena jatuhnya vertikal,” ujar Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Sabtu (22/5/2021), dilansir dari Solopos—jaringan Suara.com.

Video viral itu salah satunya diunggah akun Instagram @wecarebangkalanmadura. Dalam video itu terlihat benda lonjong hitam meluncur turun ke perairan di Situbondo. Benda misterius itu terlihat beberapa detik sebelum akhirnya tercebur ke laut.

Kapolsek Jangkar AKP Moh Fauzan membenarkan adanya benda misterius jatuh di perairan Situbondo tersebut. Fauzan mengatakan penampakan benda jatuh itu terjadi pada Jumat (21/5/2021) sore menjelang petang.

“Kejadian kemarin sore. Tepatnya di Pantai Banongan, Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus,” ujar Fauzan, Sabtu.

Belum Teridentifikasi

Namun Fauzan belum mengetahui dengan pasti benda apa itu. Yang pasti, kata Fauzan, itu bukan UFO, bukan pula balon udara.

Para nelayan yang dimintai konfirmasi polisi juga tidak tahu benda apa yang jatuh di tengah perairan tersebut. “Bukan UFO, bukan pan (balon udara) katanya. Kata para nelayan juga tidak jelas benda apa,” tandas Fauzan.

Sementara itu, Thomas tidak yakin benda yang jatuh di perairan Situbondo berasal dari antariksa. Pasalnya, posisi jatuh benda misterius tersebut tegak lurus.

“Saya tidak (tahu) objek di foto tersebut. Benda jatuh (dari) antariksa sangat jarang yang jatuh tegak lurus seperti itu,” terangnya.

Lapan sendiri, lanjut Thomas, belum menerima laporan terkait jatuhnya benda misterius di Situbondo tersebut. “Saya tidak tahu, objek silinder itu,” pungkasnya. {suara}