Hasil F1 GP Monaco 2021, Verstappen Juara Hamilton Gagal Podium

Balapan Formula One (F1) GP Monaco 2021 berlangsung di Sirkuit Monaco, Minggu (23/5/2021), malam WIB. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menjadi yang tercepat dalam balapan itu.

Drama terjadi sebelum balapan dimulai. Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, yang mendapatkan pole position, tidak bisa tampil karena masalah pada mobilnya sesaat sebelum balapan berlangsung.

Masalah itu berkaitan dengan tabrakan yang dialami Leclerc pada akhir sesi kualifikasi. Teknisi Ferrari berusaha untuk mengatasi masalah itu, tetapi gagal sehingga Leclerc batal balapan.

Pole position Leclerc pun diberikan kepada Verstappen yang finis kedua pada kualifikasi. Pole position menguntungkan pembalap asal Belanda yang tengah naik daun itu.

Verstappen memimpin balapan sejak lap pertama. Dia berusaha membuat jarak dengan para pembalap lain demi meraih kemenangan keduanya pada musim ini.

Saat Verstappen memimpin balapan, sang juara bertahan dari Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, tertinggal cukup jauh di posisi ketujuh. Hamilton memang harus berjuang keras untuk ke depan karena memulai balapan dari posisi ketujuh.

Verstappen cukup nyaman melaju sebagai pimpinan balapan. Seiring jumlah lap bertambah, Verstappen mampu memperlebar jarak dengan para pembalap lain.

Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr, adalah yang paling dekat dengan Verstappen. Setelah Sainz, ada pembalap McLaren, Lando Norris, di posisi ketiga yang terlibat pertarungan dengan Sergio Perez dari Red Bull.

Verstappen akhirnya keluar sebagai pemenang F1 GP Monaco 2021. Sejak lap pertama, pembalap asal Belanda itu menunjukkan dominasinya di Sirkuit Monaco. Setelah Verstappen, pembalap yang menyentuh garis finis adalah Sainz (posisi kedua) dan Norris (posisi ketiga).

Sementara itu, rival Verstappen, Hamilton, hanya mampu finis ketujuh. Hasil ini membuat persaingan antara Verstappen dengan Hamilton di papan atas klasemen sementara makin panas.

Hasil balapan F1 GP Monaco 2021:

1 Max Verstappen NED Red Bull Racing 78 laps

2 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow +8.968s

3 Lando Norris GBR McLaren F1 Team +19.427s

4 Sergio Perez MEX Red Bull Racing +20.490s

5 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team +52.591s

6 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda +53.896s

7 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team +68.231s

8 Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 lap

9 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 1 lap

10 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 lap

11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 lap

12 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 lap

13 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 1 lap

14 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 1 lap

15 George Russell GBR Williams Racing + 1 lap

16 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 lap

17 Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team + 3 lap

18 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 3 lap

DNF Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 30 laps

DNS Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow {okezone}