Gol Tunggal Edin Dzeko Loloskan AS Roma

Edin Dzeko

AS Roma sukses melangkah ke perempatfinal Liga Champions. Gol tunggal Edin Dzeko membawa Giallorossi menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk, lolos dengan gol tandang.

Menjamu Shakhtar di Olimpico, Rabu (14/3/2018) dinihari WIB, Roma dalam posisi tertinggal 1-2 secara agregat. Situasi itu memaksa mereka bermain agresif sejak selepas sepak mula.

Tapi Shakhtar tampil impresif sepanjang babak pertama untuk membendung tuan rumah. Roma baru berhasil memecah kebuntuan di menit ke-52, kala perangkap offside gagal Shakhtar dimaksimalkan Dzeko.

Upaya Shakhtar mengejar ketertinggalan mendapatkan pukulan telak di menit ke-79, saat bek Ivan Ordets dikartu merah. Ordets menjatuhkan Dzeko yang tinggal menghadapi gawang.

Skor 1-0 bertahan sampai pertandingan tuntas, Roma pun melangkah ke perempatfinal berkat keunggulan gol tandang dalam agregat 2-2. Dengan hasil ini, Italia punya dua wakil di perempatfinal yakni Juventus dan Roma.

Jalannya Pertandingan

Roma langsung menekan di menit pertama. Edin Dzeko melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi masih tepat mengarah ke Andriy Pyatov.

Upaya kedua dari Roma di menit keempat cuma berbuah offside, kala Dzeko menerima umpan terobosan dari Radja Nainggolan.

Shakhtar mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pada menit ke-10. Namun umpan Bernard bisa ditanduk lebih dulu oleh Alessandro Florenzi dan berakhir di sisi kanan gawang. Hanya berbuah korner.

Tusukan Aleksandar Kolarov di sisi kiri pada menit ke-24 diakhiri dengan umpan silang mendatar ke tiang dekat. Bola lebih dulu dipotong Pyatov sebelum disambar Dzeko.

Sebuah percobaan Shakhtar di menit ke-28 belum mengancam gawang Roma. Tembakan Taison melambung.

Giliran Facundo Fereyra mendapatkan kesempatan di menit ke-32, saat Federico Fazio kehilangan bola. Di bawah tekanan, tendangannya masih melebar.

Roma terus kesulitan menciptakan peluang bersih dengan Shakhtar menekan secara agresif. Upaya Diego Perotti di menit ke-37 cuma melebar.

Kolarov melakukan tekel krusial di dalam kotak penalti untuk mencegah Fereyra melepas sepakan di menit ke-42. Sampai babak pertama tuntas, tak ada gol tercipta.

Di menit ke-52, Roma memimpin. Strootman mengirim umpan terobosan ke Dzeko yang lolos dari jebakan offside. Pyatov bergerak maju, tapi Dzeko lebih dulu menyontek bola melewati kiper Shakhtar tersebut.

Roma kembali mengancam tiga menit berselang. Umpan Strootman disambar Perotti dan masih tepat ke arah Pyatov.

Dzeko nyaris mencetak gol kedua Roma di menit ke-62. Umpan tarik Nainggolan disambutnya dengan sepakan keras dari depan kotak penalti. Bola meluncur tipis saja ke kiri gawang Shakhtar.

Dzeko punya peluang lain enam menit berselang dari serangan balik. Menerima sodoran dari Perotti, tembakan Dzeko di bawah tekanan Ordets melambung. Padahal Dzeko bisa saja mengoper ke Perotti yang berlari dengan bebas di sisi kanannya.

Petaka untuk Shakhtar di menit ke-79. Ordets dikartu merah setelah menjatuhkan Dzeko yang tinggal menghadapi gawang.

Shakhtar mendapatkan kesempatan di menit ke-87 lewat tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Roma. Hanya saja sepakan Alan Patrick membentur pagar pemain. Sampai pertandingan selesai, tak ada gol lain tercipta.

Susunan pemain:

Roma: Alisson; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Kevin Strootman; Cengiz Under (Gerson Santos 65′), Edin Dzeko (Stephan El Shaarawy 90′), Diego Perotti

Shakhtar: Andriy Pyatov; Bogdan Butko, Ivan Ordets, Yaroslav Rakitskiy, Ismaily; Fred, Stepanenko (Patrick 74′); Marlos (Dentinho 82′), Taison, Bernard; Facundo Ferreyra