Hukuman Ditangguhkan, Juventus, Real Madrid dan Barcelona Bakal Tampil di Liga Champions 2021-2022?

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), menangguhkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona terkait keikutsertaan mereka di Liga Super Eropa. UEFA mengonfirmasi hukuman akan diumumkan di kemudian hari.

“Menyusul pembukaan proses disipliner terhadap Barcelona, Juventus dan Real Madrid perihal potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA, sehubungan dengan apa yang disebut proyek ‘Liga Super’, Badan Banding UEFA memutuskan menunda proses hukum sampai waktu yang ditentukan,” tulis pernyataan UEFA, Okezone mengutip dari Football Italia, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya menurut laporan ESPN dan La Reppublica, UEFA menyiapkan dua jenis hukuman kepada tiga klub di atas yang belum mundur dari Liga Super Eropa. Hukuman yang dimaksud adalah larangan tampil di Liga Champions selama dua musim atau denda.

Namun, dua keputusan itu batal diambil UEFA dalam waktu dekat. Menurut laporan Football Italia, UEFA tidak mau salah langkah dengan mengeluarkan hukuman.

Sebab, jika mereka mengeluarkan hukuman tanpa dasar, UEFA yang akan dipermalukan Real Madrid, Barcelona dan Juventus. Sebelumnya menurut laporan media Spanyol, Cadena SER, Kementerian Hakim Swiss turun tangan dalam kasus ini.

Kementerian Hakim Swiss menilai UEFA tidak berhak memberikan hukuman larangan tampil di Liga Champions kepada Barcelona, Juventus dan Real Madrid. Sebab, Barcelona, Juventus dan Real Madrid sama-sama sekali tidak melanggar aturan yang dibuat UEFA sebelumnya.

Kementerian Hakim Swiss turun tangan setelah hakim asal Spanyol, Manuel Ruiz de Lara, membawa kasus ini ke pengadilan Uni Eropa.

Kala itu Manuel Ruiz de Lara mengatakan UEFA dan FIFA mengeluarkan ancaman kepada Barcelona, Juventus dan Real Madrid karena ingin memonopoli sepakbola. Karena itu, menurut laporan Football Italia, ketiga klub di atas diprediksi tetap tampil di Liga Champions musim depan.

Kabar di atas praktis menggembarikan fans Barcelona, Juventus dan Real Madrid. Sebab, sebelumnya mereka terancam gagal melihat tim kesayangan mereka mentas di Liga Champions 2021-2022 karena keikutsertaan di Liga Super Eropa. {okezone}