Paman Birin Deklarasi Kalsel Anti Hoax

Paman Birin Anti Hoax Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan (Kasel), H Sahbirin Noor (Paman Birin), mengatakan, untuk mencegah penyebaran berita atau informasi bohong atau dikenal dengan istilah Hoax di media sosial maupun media online, diperlukan kerjasama seluruh komponen masyarakat untuk melakukan pencegahan.

Hal tersebut disampaikan Paman Birin sapaan akrabnya usai Deklarasi Masyarakat Kalsel Anti Hoax, di Lapangan Mako Brimod Polda Kalsel, Banjarbaru, Jumat (16/3) pagi.

Paman Birin mengapresiasi inisiasi Polda Kasel menggelar Deklarasi Masyarakat Kasel Anti Hoax. Ini merupakan wujud nyata kepedulian dan tanggung jawab moral terhadap dampak penyebaran informasi hoax itu bagi masyarakat.

Ditekankan pria kelahiran 12 November 1967 ini, perkembangan teknologi dan informasidi masa sekarang harus disikapi dengan sikap arif dan bijaksana.

“Saya sangat mengaresiasi atas tema deklarasi anti hoax hari ini, yakni Bijak dan Cerdas dalam Bersosial Media. Tema ini mengandung pesan moral pentingnya mengedepankan aspek kehati-hatian sebelum menyebarkan informasi atau berita” ujar Paman Birin.

Semetara itu Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengingatkan agar berhati-hati dalam menyikapi terhadap kemajuan teknologi dan informasi.

“Mari kita bersatu mencegah penyebaran informasi bohong. Polri akan bertindak tegas bagi siapa saja yang sengaja melakukan penyebaran informasi bohong di sosial media,” tegas Rachmat.

Kapolda juga mengapresiasi pesan Gurbernur Sahbirin Noor yang dituliskan pada papan Deklarasi Masyarakat Kalsel Anti Hoax. Di mana Paman Birin setelah membubuhkan tanda tangan menuliskan “Jangan Tebar Benih Kebencian. Tapi Tebarlah Benih Cinta untuk Kemanusiaan”.

Deklarsi Kalsel Anti Hoax juga dihadiri para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan petinggi TNI/ POLRI serta pejabat pemerintahan.