COVID-19 Melonjak di Seluruh RI, Ketum PAN Ingatkan Jokowi: Lockdown!

Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengusulkan kepada Pemerintah untuk menerapkan kebijakan lockdown.

Usulan itu disampaikan pria akrab dipanggil Zulhas itu karena beberapa hari terakhir ini kasus Covid-19 di seluruh Indonesia kembali melonjak signifikan.

“Saya setuju PPKM diperpanjang, terutama di daerah-daerah zona merah dan hitam. Jika perlu, diberlakukan apa yang disebut lockdown akhir pekan,” kata Zulhas, Jumat (18/6/2021).

Zulhas juga meminta semua keder partai berlambang matahari putih itu untuk membantu Pemerintah dalam mengantisipasi Covid-19.

“Saya minta seluruh kader untuk ikut terlibat menangani dan mengantisipasi efek Covid-19 ini, baik efek kesehatan maupun efek ekonominya,” tegasnya.

Mantan Ketua MPR RI itu menilai, sejauh ini apa yang dilakukan Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 sudah baik dan perlu didukung.

Namun, dalam kondisi luar biasa seperti sekarang ini, di mana terjadi lonjakan pascalibur lebaran, perlu ada langkah luar biasa. “Saat ini Covid-19 sedang naik-naiknya hampir di semua kota,” tutur Zulhas.

Untuk diketahui, kasus harian Covid-19 kembali melonjak. Pada Kamis (17/6) kemarin, kasus baru 19 bertambah 12.624. Sedangkan pasien sembuh bertambah 7.350 orang, dan pasien meninggal dunia bertambah 277 orang.

Total kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret hingga hari ini mencapai 1.950.276 kasus. Untuk pasien sembuh mencapai 1.771.220 orang. Sedangkan total pasien yang meninggal dunia berjumlah 53.753 orang. {pojoksatu}