Yamaha Tunjuk Pembalap Superbike Garret Gerloff Gantikan Morbidelli di MotoGP Belanda 2021

Petronas Yamaha SRT menunjuk pembalap Kejuaraan Dunia Superbike atau WorldSBK, yakni Garret Gerloff sebagai pengganti Franco Morbidelli di MotoGP Belanda 2021. Gerloff dipercaya Yamaha untuk tampil menggantikan Morbidelli yang mengalami cedera.

“Kali ini, Gerloff (peraih podium WorldSBK empat kali) akan ambil bagian selama balapan akhir pekan dengan mengendarai Yamaha YZR-M1.

Hal itu dapat terjadi karena Morbidelli terpaksa absen di seri kesembilan MotoGP 2021. Semua itu dapat karena mengalami cedera lutut dalam latihan pada hari Selasa.

Tentunya Gerloff bukanlah nama yang asing untuk para pembalap MotoGP. Sebab pada musim lalu, Gerloff juga sempat tampil sebagai pembalap pengganti Yamaha, yakni Valentino Rossi di MotoGP Eropa 2020.

Pada saat itu, Rossi yang dalam tahap penyembuhan usai terpapar virus corona membutuhkan bukti bahwa ia sudah terbebas dari penyakit tersebut. Sambil menunggu tes yang belum keluar, Yamaha pun menunjuk Gerloff untuk menggantikan The Doctor.

Gerloff pun hanya sempat merasakan sesi latihan bebas pertama dan kedua di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia karena Rossi nyatanya sudah dinyatakan negatif Covid-19. Jadi, Gerloff belum benar-benar bisa merasakan sensasi balapan di kelas MotoGP.

Rasa penasaran Gerloff tampaknya akan segera berakhir karena ia sekali lagi mendapatkan kesempatan untuk ikut balapan dengan menggunakan motor YZR-M1. Ia dipercaya lagi oleh Yamaha untuk menggantikan Morbidelli.

Gerloff sendiri sebenarnya adalah pilihan kedua yang dimiliki Yamaha. Awalnya tim asal Jepang tersebut berniat memberikan pembalap tim Pata Yamaha, yakni Toprak Razgatlioglu, kepada Petronas.

Akan tetapi, Yamaha mengurungkan niat tersebut. Razgatlioglu dinilai saat ini tengah sibuk berjuang memperebutkan gelar juara WorldSBK 2021. Pembalap asal Turki yang menempati posisi kedua itu sedang bersaing ketat dengan Jonatan Rea yang berada di peringkat pertama.

Jadi, karena itulah Yamaha kembali menyodorkan nama Gerloff untuk menggantikan Morbidelli yang tak bisa mengikuti balapan karena cedera. Balapan MotoGp Belanda 2021 akan digelar pada Minggu 27 Juni 2021. {okezone}