News  

Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Gemar Wisata Dengan Tetap Jalankan Prokes Ketat

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak seluruh masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat di Papua. Sebab, kata dia, pemerintah memiliki program Gerakan Bangga Berwisata yang salah satunya untuk mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata.

“Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Berwisata lah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Ma’ruf saat membuka Raja Ampat E-Festival secara daring, Senin (28/6/2021).

Oleh karena itu, Ma’ruf pun meminta agar para pelaku usaha dapat menyiapkan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendukung pariwisata Raja Ampat.

Antara lain seperti souvenir khas Papua berkualitas yang sesuai dengan minat pasar. Selain itu, Ma’ruf juga mengarahkan agar menyiapkan sentra-sentra kuliner dengan konsep desain kekinian.

“Namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua dan memenuhi standar protokol kesehatan,” kata dia.

Lebih jauh Ma’ruf juga mendorong agar destinasi-destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah.

Fasilitas yang disediakan dapat berupa tempat shalat dan makanan atau restoran halal.

Selain Gerakan Bangga Berwisata, kata Ma’ruf, terdapat pula Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang akan mendorong national branding produk lokal unggulan.

“Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Gerakan tersebut juga disebutkannya terkait dengan program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Program tersebut akan mendorong para pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital.

Adapun Raja Ampat e-Festival, disebutkan Ma’ruf sudah seiring dan sejalan dengan pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pemerintah bersama pemangku kepentingan, kata dia, menyusun rencana aksi dengan desain pembangunan berbasis Orang Asli Papua (OAP).

Bahkan melalui kegiatan Raja Ampat e-Festival, Bank Indonesia juga turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia. {kompas}