Vinales Hengkang Dari Yamaha, Penggantinya Dovizioso Atau Morbidelli?

Pengamat kondang MotoGP, Carlo Pernat, mengomentari kepergian Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha pada akhir musim 2021. Menurutnya, kepergian Vinales membuka peluang Andrea Dovizioso atau Franco Morbidelli untuk membela Yamaha di MotoGP 2022.

Sebagaimana diketahui, MotoGP dibuat gempar dengan keputusan mendadak Vinales untuk pergi dari Yamaha. Padahal, kontrak pembalap berjuluk Top Gun itu masih tersisa hingga akhir musim 2022.

Keputusan itu diumumkan secara resmi seusai balapan MotoGP Belanda 2021. Sekadar informasi, Vinales finis kedua di belakang rekan setimnnya, Fabio Quartararo, dalam balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 27 Juni 2021 itu.

Isu terpanas menyebutkan Vinales akan bergabung ke Aprilia Gresini. Nantinya, pembalap Spanyol itu akan menjadi rekan setim dari Aleix Espargaro yang merupakan partnernya di Suzuki Ecstar pada 2015-2016.

Pernat menilai bergabungnya Vinales ke Aprilia bisa menjadi langkah bagus. Akan tetapi, Aprilia sejatinya sudah memiliki calon pembalap lain untuk musim depan sebelum Vinales berpisah dengan Yamaha, yaitu Dovizioso.

Dovizioso adalah pembalap penguji Aprilia pada musim ini yang dirumorkan menjadi partner Aleix pada musim depan. Akan tetapi, isu Vinales gabung Aprilia membuat peluang lain muncul untuk mantan pembalap Ducati itu.

Pernat menilai Dovizioso bisa menjadi tandem Fabio Quartararo di Yamaha di MotoGP 2022. Dovizioso pun tidak asing dengan Yamaha karena pernah menungganginya saat menjadi pembalap tim satelit, Tech3, pada 2012 silam.

“Mungkin Dovizioso masih menjadi pembalap penguji bagi Aprilia yang rupanya sudah menjalin kontrak dengan Vinales karena ingin hengkang dari Yamaha. Itu bisa menjadi langkah bagus, tetapi beralih dari Yamaha ke Aprilia tidak akan mudah,” kata Pernat, dikutip dari Motosan, Rabu (30/6/2021).

“Ini bahkan bisa membuka tempat bagi Dovizioso di Yamaha, siapa tahu? Mungkin Dovizioso terbelah antara dua pilihan ini, menjadi penguji Aprilia atau balapan dengan Yamaha lagi mari kita kembali ke balapan,” tuturnya.

Selain Dovizioso, nama pembalap Petronas Yamaha SRT, Morbidelli, juga masuk dalam pusaran rumor pengganti Vinales. Menurut laporan Speedweek, Yamaha dan Petronas SRT kabarnya sudah sepakat terkait hal tersebut. Patut ditunggu, akhir dari drama pengganti Vinales di Yamaha pada musim depan. {okezone}