Elektablitas Demokrat Ungguli Golkar dan PKB, Herzaky: Buah Konsistensi Koalisi Dengan Rakyat

Voxpol Center Research and Consulting melakukan survei terkait elektabilitas partai politik pada Pemilu 2024. Hasilnya, elektabilitas Partai Demokrat menempati posisi empat dengan 7,3%.

Demokrat masih di bawah Gerindra 27,9%, PDIP 23% dan PKS 9,4%. Namun, Demokrat mengungguli Partai Golkar yang hanya meraih 6,8% suara dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang cuma mendapatkan 4,9%.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam survei tersebut berada di urutan keenam dengan 5,4%. Elektabilitas AHY di bawah Ganjar Pranowo 19,2%, Prabowo Subianto 18,9%, Anies Baswedan 14,1%, Sandiaga Uno 8,3%, dan Ridwan Kamil 5,8%.

Sedangkan dalam klaster Ketua Umum Partai Politik, AHY menempati posisi kedua dengan 12,5%. AHY di bawah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 33,7%.

Menanggapi hasil survei tersebut, Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengapresiasi capaian Partai Demokrat yang tergambar dalam survei terbaru Voxpol Center Research and Consulting.

Menurutnya capaian tersebut merupakan buah konsistensi Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat.

“Kami saat ini sedang di luar pemerintahan, untuk terus konsisten berkoalisi dengan rakyat. Karena hasilnya kami lihat ini berarti jalan kami selama ini sudah tepat dan pas gitu sebenarnya,” kata Herzaky dalam keterangannya, Sabtu (3/7/2021).

Terkait elektabilitas AHY, Herzaky menilai hasil survei tersebut sudah sangat positif, mengingat AHY menjadi satu-satunya tokoh yang tidak mempunyai jabatan publik.

“Yang lainnya kan kita lihat itu menteri rata-rata atau kepala daerah, tapi kami selalu konsisten Mas AHY ketum kami di posisi lima sampai enam besar, bahkan ada survei yang menempatkan pada posisi empat besar,” ungkapnya.

“Ya kalau di antara ketum partai, Mas AHY berada di posisi dua. Ini tentunya bagaimana pun merupakan apresiasi dari publik yang berhasil direkam temen-teman Voxpol yang bisa terus memacu kami,” pungkasnya. {indopolitika}