Ungguli Duo Ferrari, Hamilton Pole Position di Melbourne

Melbourne Hamilton

Pole position pertama musim ini menjadi milik Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes GP ini mengalahkan duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

Pada sesi kualifikasi yang dihelat di Melbourne Circuit Park, Sabtu (24/3/2018) siang WIB, Hamilton sebenarnya dalam posisi tidak menguntungkan sepanjang Q3.

Namun, menjelang berakhirnya Q3, Hamilton melajukan kencang mobilnya dan akhirnya mampu merebut pole dari Raikkonen dengan keunggulan 0,664 detik. Dia mencatatkan waktu 1 menit 21,164 detik.

Raikkonen akan start di posisi kedua disusul Vettel yang membuat torehan waktu 1 menit 21,838 detik. Vettel sebenarnya berpeluang menyalip Hamilton karena hanya selisih 0,034 detik di akhir Q3, tapi waktunya sudah tidak cukup.

Melengkapi posisi lima besar adalah Max Verstappen dari Red Bull Racing serta Kevin Magnussen dari Haas Ferrari. Performa Haas di sesi kualifikasi ini terbilang oke karena tepat di bawah Magnussen adalah Romain Grosjean.

Melengkapi 10 besar ada Nico Hulkenberg, Daniel Ricciardo, Carlos Sainz, dan Valtteri Bottas. Nasib sial dialami Bottas yang mobilnya menghantam dinding lintasan di turn 1 dan membuat ban kiri depannya rusak di awal Q3.