Brasil Sikat Rusia 3 Gol Tanpa Balas

Brasil bukan lawan seimbang bagi Rusia. Tuan rumah Piala Dunia 2018 itu ditumbangkan secara meyakinkan dengan 3 gol tanpa balas.

Memainkan laga ujicoba di Stadion Luzhniki yang selesai Sabtu (24/3/2018) dinihari WIB, Brasil mengendalikan permainan sejak awal. Namun, Brasil gagal mencetak gol di sepanjang paruh pertama.

Setelah turun minum, kebuntuan terpecahkan untuk memberondong Rusia dengan tiga gol sekaligus. Gol-gol dari Joao Miranda, Philippe Coutinho [penalti], dan Paulinho memastikan kemenangan Brasil.

Brasil langsung mengancam saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gabriel Jesus lolos dari perangkap offside untuk mendapatkan bola umpan Dani Alves, tapi sepakannya bisa diredam kiper Igor Akinfeev.

Tim asuhan Tite ini terus mengendalikan permainan. Tapi peluang bagus baru tercipta di menit ke-27. Dari sisi kanan kotak penalti, Willian mendapatkan ruang tembak tapi sepakannya bisa ditepis Akinfeev.

Rusia akhirnya bisa keluar dari tekanan Brasil. Setelah laga melewati setengah jam, Rusia merespons dengan sepakan jarak jauh Alexander Samedov, yang menguji Alisson Becker.

Rusia hampir mencetak gol pertama. Di menit ke-37, Aleksey Miranchuk memenangi bola untuk mengirim umpan terobosan kepada Smolov di sisi kiri. Namun, tendangan Smolov dari kotak penalti justru melambung.

Brasil melewatkan peluang emas di awal babak kedua. Dari serangan balik, umpan Douglas Costa kepada Willian gagal diselesaikan Paulinho karena sepakannya dari depan gawang mengarah ke Akinfeev.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit 53. Umpan lambung Willian ditanduk Thiago Silva tapi bisa ditepis Akinfeev. Joao Miranda datang dari sisi kiri kotak penalti dan menceploskan bola rebound, tanpa bisa dihentikan Akinfeev. Brasil memimpin 1-0.

Tujuh menit berselang, tim Selecao membuang peluang mencetak gol kedua. Philippe Coutinho menusuk kotak penalti untuk mengirim umpan silang di depan gawang. Paulinho salah mengantisipasi bola dengan kaki kirinya sehingga bisa digagalkan Akinfeev.

Di menit ke-62, Brasil akhirnya mendapatkan gol keduanya lewat titik putih. Wasit menghadiahkan penalti setelah pelanggaran terhadap Paulinho. Coutinho maju sebagai algojo dan mengirim Akinfeev ke arah yang salah. Skor kini 2-0.

Setelah melewatkan beberapa peluang, Paulinho sukses menjebol gawang Rusia empat menit berselang. Willian mengirim umpan silang dari sudut sempit, Paulinho yang tidak terkawal dengan mudah menyundul bola ke gawang. Rusia 0, Brasil 3.

Rusia hampir menciptakan gol balasan. Anton Miranchuk melewati sejumlah pemain di sisi kanan pertahanan Brasil untuk mengirim umpan silang, tapi penyelesaian Alan Dzagoev tak tepat sasaran.

Kelengahan Tim Samba membuat Rusia bisa menciptakan peluang mencetak gol hiburan. Zabolotny mencukil bola melewati Alisson, tapi Thiago Silva mampu menyapu bola di garis gawang.

Tekel keras Casemiro membuat Rusia mendapatkan tendangan bebas dari posisi berbahaya. Tendangan Dzagoev melewati pagar hidup pemain, tapi bola melenceng jauh dari gawang.

Susunan Pemain

RUSIA: Akinfeev, Kudryanshov, Granat, Kutepov, Kombarov (Zhirkov 76′), Samedov (Smolnikov 80′), Glushakov (Anton Miranchuk 64′), Zobnin (Erokhin 85′), Golovin, Aleksey Miranchuk (Dzagoev 53′), Smolov (Zabolotnyi 71′)

BRASIL: Alisson, Joao Miranda (Geromel 86′), Dani Alves (Fagner 83′), Thiago Silva, Marcelo, Willian (Taison 79′), Paulinho (Renato Augusto 71′), Douglas Costa, Coutinho (Fred 79′), Casemiro, Gabriel Jesus (Firmino 66′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *