Tekno  

Agar Terlihat Lebih Universal, Google Desain Ulang 992 Emoji

Google mengumumkan telah mengubah 992 desain emoji untuk membuatnya lebih universal, dapat diakses, dan otentik. Peluncuran desain baru akan dilakukan bersama dengan Android 12.

Kendati melakukan perubahan, Google mengatakan mereka juga akan menyediakan emoji versi lama dengan aplikasi yang menggunakan lapisan kompatibilitas Appcompat. Mereka juga datang ke platform Google lainnya seperti Gmail, Chrome OS, Google Chat, dan YouTube Live Chat bulan ini.

Dilansir The Verge, Sabtu (17/7/2021), tidak ada perubahan yang sangat drastis dari desain emoji terbaru. Sebaliknya, kebanyakan adalah jenis tweak yang membuat arti setiap emoji lebih mudah dipahami secara sekilas oleh lebih banyak orang.

Emoji pai, misalnya, saat ini terlihat seperti pai labu klasik Amerika yang terlihat bagus untuk orang Amerika. Tetapi emoji itu biasa saja di Inggris karena desainnya terlihat lebih mirip kue tar daripada kue tradisional. Desain baru yang lebih universal harus memperbaiki ini.

Dalam kasus lain, Google telah memberikan desainnya tampilan yang lebih berani dan berlebihan, yang sangat membantu mengingat seberapa kecil tampilannya di sebagian besar layar.

Emoji croissant dan bacon sekarang akan lebih bersinar, sementara gunting memiliki tepi tajam yang lebih berlebihan. Kendaraan seperti mobil dan taksi juga telah disesuaikan proporsinya agar lebih menarik perhatian.

Akhirnya, emoji bikini tidak lagi terlihat seperti sedang dipakai oleh orang yang tidak terlihat dan emoji masker wajah sekarang menunjukkan wajah dengan mata terbuka.

“Perubahan ini untuk mencerminkan fakta bahwa masker telah menjadi cara universal untuk menunjukkan kebaikan kepada orang lain daripada simbol seseorang yang sakit,” kata Google .

Tahun lalu, Apple membuat perubahan serupa pada emoji topengnya sendiri untuk menunjukkan wajah tersenyum di bawah topeng, dan juga mengubah emoji jarum suntiknya agar lebih sesuai sebagai simbol vaksin.

Pada 2019, ia bahkan memperbarui emoji sempoa setelah orang-orang menunjukkan masalah dengan desain lamanya. Dan jangan lupa desain ulang Google untuk emoji burger dan birnya sebagai tanggapan atas protes di tahun 2017.

Sebelumnya Facebook juga mengumumkan emoji baru dengan suara untuk layanan Messenger-nya, dan bahkan Microsoft ikut beraksi dengan serangkaian emoji 3D baru di Windows, Office, Microsoft Teams, dan di tempat lain. {sindo}